Dinkes Sulawesi Tenggara Optimalkan Edukasi Pola Hidup Sehat Cegah Penyakit

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 06 November 2023
0 dilihat
Dinkes Sulawesi Tenggara Optimalkan Edukasi Pola Hidup Sehat Cegah Penyakit
Pemerintah menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), salah satunya dengan rutin berolahraga. Foto: Ist.

" Pola hidup sehat mencakup berbagai aspek, termasuk pola makan, olahraga, kebersihan, dan pengaturan waktu istirahat "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tenggara mengoptimalkan edukasi tentang pola hidup sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Sulawesi Tenggara, Muhammad Ridwan mengatakan, edukasi mengenai pentingnya pola hidup sehat terus dilakukan dengan berbagai cara.

Di antaranya adalah pertemuan massal, penyebaran pamflet, serta upaya edukasi secara interpersonal menjadi strategi yang diterapkan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Pola hidup sehat mencakup berbagai aspek, termasuk pola makan, olahraga, kebersihan, dan pengaturan waktu istirahat.

Baca Juga: Dinkes Sulawesi Tenggara Target Eleminasi Malaria 2030

“Dari seluruh penyakit, sebenarnya ujung dari semuanya ini adalah pola hidup sehat yang harus dijaga. Jadi pola hidup sehat ini harus dijaga dengan baik,” kata Muhammad Ridwan kepada Telisik.id, belum lama ini.

Ia melanjutkan, sejumlah penyakit dapat menyerang ketika pola hidup sehat ini tidak dijaga, baik penyakit menular seperti TBC dan malaria, maupun penyakit tidak menular seperti penyakit gula, jantung, dan sebagainya.

Baca Juga: TARGET Disiapkan Dinkes Konawe Selatan Atasi Penyakit Menular dan Berbahaya

Sebagai tambahan, dikutip dari kemkes.go.id, penerapan pola hidup sehat atau Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sangat dianjurkan kepada seluruh masyarakat di Indonesia meskipun ada atau tidaknya wabah COVID-19. Hal ini dikarenakan menjaga imunitas tubuh sangat penting agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Hanya saja ada yang belum paham akan pentingnya pola hidup sehat. Penerapan PHBS dapat dilakukan dengan melakukan pembiasaan seperti menjaga kebersihan lingkungan, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan bergizi. (B-Adv)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga