Dinyatakan Positif COVID-19, 4 Warga Koltim Jalani Perawatan Intensif

Muh. Sabil, telisik indonesia
Rabu, 30 Juni 2021
0 dilihat
Dinyatakan Positif COVID-19, 4 Warga Koltim Jalani Perawatan Intensif
Gugus Tugas COVID-19 Koltim saat mendatangi rumah salah satu warga yang positif COVID-19. Foto: Ist.

" Empat warga Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) terpapar COVID-19. Dimana, tiga orang di antaranya berasal dari Kecamatan Loea, dan satunya lagi berasal dari Kecamatan Ladongi. "

KOLAKA TIMUR, TELISIK. ID - Empat warga Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) terpapar COVID-19. Dimana, tiga orang di antaranya berasal dari Kecamatan Loea, dan satunya lagi berasal dari Kecamatan Ladongi.

Diketahui, terungkapnya warga yang terpapar COVID-19 di Koltim ini berawal dari informasi Tim Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), bahwa terdapat satu warga dari Kecamatan Ladongi yang dinyatakan positif COVID-19 setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Beberapa hari kemudian Tim Gugus Tugas Koltim kembali menerima informasi adanya seorang penyuluh perikanan Koltim yang sedang menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Kabupaten Koltim. Kondisinya menujukkan mirip dengan gejala COVID-19.

Mengetahui hal itu, Bupati Koltim Andi Merya Nur langsung memerintahkan Tim Gugus Tugas untuk segera melakukan pemeriksaan pada Sabtu malam (26/6/2021) sekira pukul 21.00 Wita, di Rumah Sakit Kabupaten Koltim.

Setelah menjalani tes PCR tahap pertama, penyuluh perikanan tersebut dinyatakan reaktif.

Tim Gugus Tugas pun segera mengambil tindakan, yakni dengan merujuk pasien tersebut ke Rumah Sakit Kabupaten Konawe untuk mendapatkan perawatan intensif.

Pada hari Minggu (27/6/2021), Tim Gugus kembali melakukan pengecekan terhadap istri dan ponakan penyuluh perikanan tersebut.

Baca juga: BNNK Muna Potong 47 'Burung' Anak-Anak

Baca juga: Sinergikan Pengusaha Lokal Nasional, HIPWI FKPPI Sultra Dukung Arsyad Rasyid

Setelah di-swab, keduanya juga dinyatakan positif. Kedua warga ini sementara waktu  menjalani karantina atau isolasi mandiri, dengan pengawasan petugas yang sangat ketat.

Ketua Harian Tim Gugus Tugas yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim, Andi Muhammad Iqbal Tongasa, bersama Sekretaris Dinas Kesehatan, Irvan Labatamba, dan petugas gugus lainnya gencar melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap warga Koltim yang terindikasi memiliki gajala mirip COVID-19.

Pelaksana Bidang Penanganan Teknis Gugus Tugas Kabupaten Koltim, Munir Abubakar saat dikonfirmasi, membenarkan perihal ini.

Akan tetapi, Munir enggan menyebut identitas pasien secara rinci dengan alasan privasi.

“Untuk sementara, yang dinyatakan positif dua orang. Tapi yang tercatat di provinsi baru satu orang. Dan satunya hasil labnya belum terverifikasi," terang Munir Rabu (30/6/2021).

"Kemudian dari satu orang ini, teman-teman sudah melakukan tracing di lapangan dan mendapatkan dua orang lagi warga juga dinyatakan positif. Dan sekarang ini keduanya sedang dikarantina dengan pengawasan ketat. Kami juga akan melakukan pemeriksaan terhadap orang-orang yang telah melakukan kontak erat dengan keempat warga yang dinyatakan positif ini,” lanjutnya.

Munir menambahkan, dua pasien yang reaktif saat ini, sedang menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Bahterahmas Kendari dan Rumah Sakit Konawe.

Ia mengungkapkan bahwa saat ini masih menunggu hasil laporannya dari tim surveilans seperti apa awal mulanya sehingga keempat warga tersebut terpapar. (B)

Reporter: Muh Sabil

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga