Dipercaya Bisa Gugurkan Kandungan, Ternyata Nanas Muda Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Jumat, 29 Desember 2023
0 dilihat
Dipercaya Bisa Gugurkan Kandungan, Ternyata Nanas Muda Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan
Nanas yang masih hijau dan segar, ternyata bukan hanya lezat, tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Foto: Repro Prenagen.com

" Nanas muda atau nanas hijau justru dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan kandungan, terutama pada masa kehamilan "

KENDARI, TELISIK.ID - Seiring dengan berbagai mitos dan keyakinan seputar penggunaan bahan alami untuk tujuan medis, muncul mitos bahwa nanas muda dapat digunakan untuk menggugurkan kandungan. Namun, ternyata nanas muda tidak memiliki efek signifikan untuk menggugurkan kandungan.

Sebaliknya, nanas muda atau nanas hijau justru dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan kandungan, terutama pada masa kehamilan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat nanas muda bagi kandungan:

1. Kandungan Nutrisi

Nanis muda kaya akan vitamin dan mineral esensial seperti vitamin C, mangan, dan vitamin B6. Nutrisi ini penting untuk perkembangan sel janin dan kesehatan ibu hamil.

2. Antiinflamasi Alami

Bromelain, enzim alami yang ditemukan dalam nanas muda, memiliki sifat antiinflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan kenyamanan pada ibu hamil yang mungkin mengalami pembengkakan atau ketidaknyamanan.

3. Meningkatkan Aliran Darah ke Rahim

Bromelain juga diyakini dapat meningkatkan aliran darah ke rahim, menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk perkembangan janin.

Baca Juga: Yuk Coba, 8 Sayuran Penyubur Kandungan Ini Terbukti Bantu Agar Cepat Hamil

4. Pemenuhan Kebutuhan Cairan

Nanas muda mengandung sejumlah besar air, yang penting untuk menjaga hidrasi ibu hamil. Kehidratan yang cukup mendukung pembentukan cairan amnion, yang melindungi dan menyediakan lingkungan yang baik bagi janin.

5. Mengatasi Mual dan Muntah

Aroma dan rasa segar nanas muda dapat membantu mengatasi rasa mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil, terutama pada trimester pertama.

6. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam nanas muda dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memberikan perlindungan tambahan terhadap infeksi dan penyakit selama kehamilan.

Baca Juga: Praktik Spesialis Kandungan Perempuan Pertama di Kota Baubau Mulai Beroperasi

7. Sumber Serat

Serat dalam nanas muda dapat membantu mencegah sembelit, masalah umum yang sering dialami oleh ibu hamil.

8. Energi Tambahan

Kandungan gula alami dalam nanas muda dapat memberikan tambahan energi yang diperlukan oleh ibu hamil, terutama saat merasakan kelelahan atau keletihan.

Meskipun nanas muda memiliki manfaat kesehatan yang potensial, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak dan seimbang sebagai bagian dari diet sehat selama kehamilan. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa konsumsi nanas muda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kesehatan individu.

Dilansir dari, Sehatq.com,menurut dokter Lizsa Oktavyanti menjelaskam, buah nanas memiliki khasiat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu meningkatkan sistem imun, mengandung antioksidan tinggi yang berfungsi sebagai melawan radikal bebas, membantu mencegah asma, menyehatkan untuk ibu hamil, dan membantu pencernaan. Buah nanas tidak boleh dikonsumsi pada saat hamil, adalah sebuah mitos yang salah. Buah nanas aman dikonsumsi oleh siapa saja. (C)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga