Praktik Spesialis Kandungan Perempuan Pertama di Kota Baubau Mulai Beroperasi

Elfinasari, telisik indonesia
Sabtu, 27 Mei 2023
0 dilihat
Praktik Spesialis Kandungan Perempuan Pertama di Kota Baubau Mulai Beroperasi
dr Endang Ruslianty, dokter perempuan pertama yang memiliki tempat praktik spesialis kebidanan dan penyakit kandungan di Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Kaum wanita yang ingin berkonsultasi ke dokter kandungan, kini bisa bernafas lega dan tak perlu jauh-jauh keluar kota, karena telah hadir praktik dokter obgyn perempuan pertama di Kota Baubau "

BAUBAU, TELISIK.ID - Kaum wanita yang ingin berkonsultasi ke dokter kandungan, kini bisa bernafas lega dan tak perlu jauh-jauh keluar kota, karena telah hadir praktik dokter obgyn perempuan pertama di Kota Baubau.

Dokter obgyn tersebut adalah dr Endang Ruslianty yang membuka praktik spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, beroperasi di Jalan Perintis Kecamatan Betoambari dan telah mendapatkan izin SIP:440/054/SIPD/V/2023.

Praktik Dokter Endang dibagi menjadi dua sesi, pagi pukul 08.00 Wita-10.00 Wita dan Sore pukul 17.00 Wita-20.00 Wita, buka setiap hari selain Minggu dan tanggal merah.

Baca Juga: Green House SMKN 5 Baubau Rusak Tak Kunjung Direhab, Siswa Kesulitan Belajar

Dokter yang sebelumnya berdinas 8 tahun di Amunai Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan tersebut, meresmikan  praktiknya di sebuah ruko, tepatnya di pertigaan Jalan Perinti pada Sabtu 27 Mei 2023.

Selama satu bulan di Kota Baubau, Dokter Endang melihat banyak suami-istri yang datang ke tempat praktik sebelumnya, mengeluhkan lamanya memiliki keturunan. Ia berpendapat, hal tersebut dipengaruhi banyak faktor dan perlu pemeriksaan lanjutan karena wanita dan pria memiliki kontribusi yang sama terhadap kehamilan.

Selain pelayanan antenatal care (ANC)  seperti pemeriksaan kesehatan ibu dan janin, layanan lainnya yang dibuka yaitu identifikasi diagnose kista, miom dan lainnya.

“Di sini kami melayani pemeriksaan kesehatan ibu dan janin dengan USG 2 dimensi (2D) dan empat dimensi (4D), konsultasi kehamilan serta USG transvaginal,” bebernya, Sabtu (27/5/2023).

Endang menyebutkan biaya konsultasi sekaligus USG 4D Rp 250.000 dan USG 2D dibanderol Rp 150.000.

Baca Juga: Akses Jalan Utama ke SMKN 5 Baubau Rusak

Untuk USG transvaginal biasa digunakan untuk program hamil, alatnya langsung masuk ke mulut rahim, sementara kelebihan USG 4D, bisa melihat bayi dalam kandungan dengan wujud yang jelas seperti.

Menurut salah seorang perawat di Rumah Sakit Palagimata Baubau, Rista menuturkan, Dokter Endang selain bertugas di rumah sakit, ia juga baru membuka praktik kandungan, sehingga pasti akan lebih banyak pasien wanita hamil yang berdatangan.

"Karena Dokter Endang adalah satu-satunya dokter kandungan perempuan pertama di Kota Baubau," ucapnya. (B)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga