Dosen UHO Dampingi Guru SMK Buat Pembelajaran Berbasis Video Teknologi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 10 November 2019
0 dilihat
Dosen UHO Dampingi Guru SMK Buat Pembelajaran Berbasis Video Teknologi
Suasana pelaksanaan pelatihan pembuatan video pembelajaran di SMKN 6 Kendari Foto: Fitrah Nugraha/Telisik

" Dengan adanya program pengabdian ini, guru-guru bisa menghasilkan video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas yang dikembangkan di sekolah mitra yang didampingi langsung oleh tim pengabdian masyarakat. "

KENDARI, TELISIK.ID - Sejumlah dosen yang tergabung dalam Tim Lembaga Pelatihan dan Pengabdian Masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO), melakukan membinaan kepada puluhan guru sekolah menengah kejuruan (SMK) dalam pembuatan dan pengembangan video pembelajaran menggunakan aplikasi Kinemaster di SMK Negeri 6 Kendari, Sabtu (9/11/2019).

Dosen yang terlibat dalam program tersebut adalah Saleh S.Pd., M.Pd, Dr. Mohammad Salam S.Pd., M.Si, Awaludin S.Pd., M.Pd, Rahmad Prajono S.Pd.,M.Sc dan La Ode Ahmad Jazuli S.Pd., M.Pd, yang kesemuanya adalah dosen dari Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UHO.

La Ode Ahmad Jazuli, yang juga merupakan Doktor Teknologi Pendidikan mengatakan, kegiatan pembinaan ini diikuti sekira 40 guru dari SMKN 5 dan SMKN 6 Kendari. Kegiatan ini dilakukan selama enam bulan kedepan.

Kata dia, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kompetensi guru melalui penggunaan dan pengembangan video pembelajaran pada sekolah mitra.

Sehingga, guru-guru pada sekolah mitra memiliki pengetahuan dan wawasan terhadap konsep video pembelajaran dan aplikasi kinemaster. Selain itu, guru-guru juga memiliki media pembelajaran digital sendiri, serta dapat mengembangkan media pembelajaran digital berupa video pembelajaran untuk kegiatan pembelajaran sebagai inovasi pembelajaran dalam proses belajar mengajarnya di kelas.

"Ini menjadi sebuah reaksi dan respon dosen UHO dalam mengikuti perkembangan teknologi yang harus disesuaikan, maka bagaimana kapasitas guru ini bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya," katanya.

Pengabdian yang dilakukan selama enam bulan ini menggunakan tiga metode. Pertama adalah memberikan pengetahuan dasar tentang aplikasi pembelajaran yang akan dibuat menjadi video dan merancang pembelajaran yang memanfaatkan video pembelajaran.

Kedua, mendamping para peserta pelatihan dalam mengembangkan video pembelajaran menggunakan aplikasi kinemaster, merancang bahan video pembelajaran yang menarik, interaktif dan menyenangkan.

Sedangkan yang ketiga adalah melakukan monitoring dalam pelaksanaan kegiatan melalui motivasi pada para guru yang sudah dapat menggunakan aplikasi kinemaster untuk keperluan pengembangan video pembelajaran, sehingga bisa konsisten dan tetap bersemangat dalam mengembangkannya.

"Dengan adanya program pengabdian ini, guru-guru bisa menghasilkan video pembelajaran yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas yang dikembangkan di sekolah mitra yang didampingi langsung oleh tim pengabdian masyarakat," lanjutnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan bentuk pelatihan dan pengabdian dosen UHO kepada masyarakat yang berjudul Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Kinemaster Pada Guru SMK.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Ibnu

Baca Juga