DPP: KLB Demokrat Tidak Sesuai AD/ART Partai

Musdar, telisik indonesia
Sabtu, 06 Maret 2021
0 dilihat
DPP: KLB Demokrat Tidak Sesuai AD/ART Partai
Rusda Mahmud (memegang mikrofon) dalam suatu kegiatan Partai Demokrat. Foto: Ist.

" Sehingga wartawan bisa maknai hal itu, KLB di Sumatera Utara legal atau tidak legal. Saya pikir kalau masuk di wilayah hukum tidak mungkin KLB ini menang, kalau untuk saya. "

KENDARI, TELISIK.ID - Pengurus DPP Partai Demokrat menegaskan, pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang, Sumatera Utara tidak sah.

Kepala Departemen VII DPP Demokrat, Rusda Mahmud mengatakan, KLB yang dilaksanakan belum memenuhi semua persyaratan sebagaimana diatur dalam anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

Anggota DPR RI Dapil Sultra ini menyebutkan, KLB dapat dilaksanakan pertama atas permintaan Majelis Tinggi Partai Demokrat Pasal 81 Ayat 4 AD/ART Partai Demokrat. Kedua, diusulkan sekurang-kurangnya 2/3 DPD Partai Demokrat dan ketiga diusulkan sekurang-kurangnya 1/2 dari jumlah DPC Partai Demokrat.

Kemudian keempat usulan DPD dan DPC tersebut harus disetujui ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat.

"Sehingga wartawan bisa maknai hal itu, KLB di Sumatera Utara legal atau tidak legal. Saya pikir kalau masuk di wilayah hukum tidak mungkin KLB ini menang, kalau untuk saya," kata Rusda, Sabtu (6/3/2021).

Mantan Bupati Kolaka Utara 2 periode ini mengungkapkan, berdasarkan hasil penyelidikan DPP, paling banyak 60 DPC dari 514 DPC Partai Demokrat.

Baca juga: Dukung AHY, Demokrat Sultra Tolak KLB

"Itupun mungkin direkayasa sebagaian," cetusnya.

Sementara untuk DPD Partai Demokrat, lanjut Anggota Komisi VII DPR-RI ini, belum ada laporan dari 34 DPD, terlibat dalam KLB yang secara aklamasi menunjuk Moeldoko sebagai Ketua umum DPP Partai Demokrat menggeser Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Saat ini, usai KLB dilaksanakan, seluruh kader Demokrat di DPP masih tetap solid pada hasil kongres V.

"Apalagi yang mengadakan ini Jhoni Allen Marbun dan Marzuki Alie sudah tidak berhak mengatasnamakan Demokrat karena sudah dipecat," jelas ayah 4 anak ini.

Sebelumnya, Moeldoko terpilih menjadi ketua umum dalam acara yang diklaim sebagai KLB Partai Demokrat. Dia terpilih dalam waktu 51 menit setelah KLB Demokrat dibuka.

KLB Demokrat tersebut digelar di The Hill Hotel and Resort Sibolangit, Deli Serdang, Jumat (5/3/2021). KLB dibuka pukul 14.44 WIB. (B)

Reporter: Musdar

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga