Ini Program Andalan Paslon HATI untuk Wakatobi

Mohamad Lukman Saputra, telisik indonesia
Minggu, 01 November 2020
0 dilihat
Ini Program Andalan Paslon HATI untuk Wakatobi
Paslon HATI. Foto: Mohamad Lukman Saputra/Telisik

" Paslon Haliana-Ilmiati Daud menawarkan program andalan merdeka sehat, merdeka belajar dan konsep perikanan terpadu. "

WAKATOBI, TELISIK.ID - Masing-masing Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi menawarkan program-programnya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Wakatobi.

Paslon Haliana-Ilmiati Daud menawarkan program andalan merdeka sehat, merdeka belajar dan konsep perikanan terpadu.

Inilah kutipan wawancara Telisik.id dengan Cawabup Ilmiati Daud.

Apa yang dimaksud dengan merdeka sehat serta apa alasan program itu dibuat?

Dalam merdeka sehat itu ada beberapa program, yang pertama, adalah menghadirkan perawat dalam satu desa yang akan kita buat kerja sama dengan organisasi yang terkait dengan keperawatan.

Kemudian yang kedua, kita akan menghadirkan dokter ahli di rumah sakit. Tapi komitmennya memberikan beasiswa kepada dokter-dokter yang ingin mengambil spesialisnya, agar kita tidak ketergantungan untuk mengontrak setiap tahun dokter-dokter untuk fasilitasi rumah sakit kita. Tapi dengan menyekolahkan setiap tahun dengan anggaran lima miliar, kita bisa menghasilkan dokter-dokter ahli. Sehingga di tahun 2024 kita sudah mempunyai dokter ahli yang akan mengabdi di Wakatobi.

Baca juga: Cegah Money Politics, Bawaslu Konsel Sosialisasi Masyarakat Pesisir

Apa yang dimaksud dengan merdeka belajar serta apa alasan program itu dibuat?

Jadi yang dimaksud dengan merdeka belajar itu yang pertama, adalah membebaskan uang sekolah bagi siswa SD, SMP dan SMA. Kemudian kita akan berikan beasiswa untuk S1, S2 dan S3 dengan kuota terbatas pada setiap tahunnya.

Yang kedua, adalah memberikan guru atau tenaga pengajar  fasilitas yang menjadi haknya bahkan diberikan bonus atau tambahan gaji. Alasannya karena adakalanya kita melihat sekolah dan siswa yang ingin belajar namun gurunya tidak ada, sehingga ketika kita muliakan dengan pemberian fasilitas seperti itu maka diharapkan dapat membuat para guru ini lebih memprioritaskan mengajar dari pada hal lain.

Apa yang dimaksud dengan konsep perikanan terpadu serta alasan program itu dibuat?

Konsep  perikanan terpadu ini sebenarnya konsep yang dulu menjadi visi misi Pak Haliana pada periode yang lalu.

Karena melihat Wakatobi dengan potensi kelautannya, kita ingin agar betul-betul nelayan itu bisa bangkit atau hidup layak dengan potensi daerah yang kita milik. Sedangkan empat tahun yang lalu kita tau, bahwa anggaran itu hampir semua dibawa ke darat padahal potensi kita adalah kelautan.

Baca juga: Ardin No Comment Soal PAW Dirinya dari Ketua DPRD Konawe

Jadi sebenarnya konsep perikanan terpadu ini Wakatobi sudah dapat dulunya, tapi lewat dan akhirnya diterima oleh daerah lain. Padahal anggaran itu lumayan besar kalau untuk Wakatobi.

Mudah mudahan dengan konsep ini kita kembali lagi membuka ruang-ruang untuk para nelayan kita.

Program apa yang paling diprioritaskan?

Untuk program yang paling diprioritaskan adalah kesehatan ibu dan anak karena yang sering terjadi kepada kita yang ada di Wakatobi adalah rujukan untuk ibu yang melahirkan sehingga banyak korban dari ibu melahirkan dan bayinya. Alasannya karena ketidaktersediannya dokter ahli  dan ketidaksiapan rumah sakit untuk melayani proses persalinan dan perawatan.

Apakah program ini betul-betul menjadi jawaban dari keluhan masyarakat?

Jadi program Hliana - Ilmiati Daud adalah manifestasi  dari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat selama ini, sangat sederhana karena dari perjalanan ini kami membuat sari atau me-list kejadian-kejadian yang terjadi selama empat tahun ini bahwa ternyata masyarakat ini tidak tersentuh atau tidak mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai yang harusnya mereka terima karena itu menjadi hak bagi seluruh masyarakat. (B)

Reporter: Mohamad Lukman Saputra

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga