Empat Pimpinan Parpol Bertemu Bahas Wakil Bupati Kolaka Timur

Sumarlin, telisik indonesia
Selasa, 05 Oktober 2021
0 dilihat
Empat Pimpinan Parpol Bertemu Bahas Wakil Bupati Kolaka Timur
Empat Pimpinan Parpol Koalisi SBM di Kolaka Timur bertemu bahas Wakil Bupati Kolaka Timur. Foto: Ist.

" Empat pimpinan Partai Politik Koalisi Pengusung Samsul Bahri Andi Merya (SBM) saat Pilkada 2020 melakukan pertemuan membahas Calon Wakil Bupati Kolaka Timur. "

KENDARI, TELISIK.ID - Empat pimpinan Partai Politik Koalisi Pengusung Samsul Bahri Andi Merya (SBM) saat Pilkada 2020 melakukan pertemuan membahas Calon Wakil Bupati Kolaka Timur, Senin (4/10/2021) malam.

Pertemuan ini diinisiasi Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh, yang dihadiri Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas, Sekretaris Gerindra Sultra Safarullah, dan Ketua DPD Demokrat Sultra, Muh. Endang SA.

“Safarullah mewakili Pak Ady Aksar yang tidak bisa hadir karena lagi menjalankan tugas partai di Jakarta,” ungkap Ketua DPW PAN Sultra Abdurrahman Shaleh dalam rilis persnya yang diterima Telisik.id, Selasa (5/10/2021).

Pada pertemuan itu, Wagub Sultra yang juga Ketua DPD PDIP Sultra Lukman Abunawas, menyampaikan komitment PDIP untuk melakukan dan mengikuti proses pengisian jabatan Wakil Bupati Koltim sisa masa jabatan 2021-2024.

“PDIP sudah menyiapkan calonnya, bahkan sudah ada rekomendasi DPP-nya,” tegas Lukman.

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris DPD Gerindra Sultra Safarullah. Menurut dia, Gerindra Sultra juga siap mengikuti tahapan proses pengisian jabatan wakil bupati Kabupaten Kolaka Timur.

“Gerindra juga sudah siap, hanya kan mau disampaikan dimana nama calonnya jika belum diminta secara resmi oleh Pansus melalui bupati, jadi sebaiknya DPRD di sana segera membentuk Pansus dan meminta nama-nama calon kepada koalisi partai pengusung melalui bupati,” jelas pengacara ini.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muh. Endang SA, kembali mengingatkan urgensi pengisian jabatan Wakil Bupati Koltim.

Endang mengharapkan semua pihak segera bergerak sesuai dengan kewenangan dan tanggungjawab yang dimilikinya.

“Ingat di sana itu kondisinya unik, Sekdanya juga masih PLH, jadi tolong semua bergerak,” harap politisi yang pernah menjadi Pimpinan DPRD Sultra tiga periode itu.

Baca juga: Posisi Abdul Rasak Digeser LM Rajiun Sebagai Ketua Bappilu NasDem Sultra

Baca juga: Ketua Relawan Bala Anies Soroti Penyataan Giring di Podcast Deddy Corbuzier Soal Formula E

Diakhir rilisnya, ARS menyampaikan, pertemuan para ketua Parpol koalisi selanjutnya akan digelar dengan PDIP sebagai tuan rumah.

Setelah itu, inisiasinya akan dilanjutkan oleh Gerindra dan Demokrat, hingga selesainya proses politik pengisian jabatan wakil bupati Koltim.

“Jadi ini bukan yang pertama dan terakhir,” tutup Abdurrahman Shaleh.

Pertemuan tersebut, menghasilkan lima kesepakatan yang ditanda tangani para ketua umum Partai tingkat provisi tersebut. Adapun isi kesepakatan itu adalah;

1). Koalisi partai pengusung menyatakan keprihatinan dan kesedihan yang mendalam atas musibah yang menimpa bupati Koltim non aktif Andi Meriya.

2). Kesepakatan untuk bekerjasama kembali mengusung bakal calon Wakil Bupati Koltim.

3). Desakkan kepada Gubernur, Wakil Gubernur dan DPRD Provinsi untuk melakukan konsultasi kepada Kemendagri dan menyampaikan hasilnya kepada publik.

4). Desakan kepada DPRD Kolaka Timur untuk segera membentuk Pansus.

5). Dan himbauan kepada seluruh pihak untuk tetap tenang dan bekerjasama menjaga kondusifitas di Kolaka Timur. (C)

Reporter: Sumarlin

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga