PAN Ngotot Usung Menteri BUMN Erick Thohir Dampingi Prabowo

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 08 Oktober 2023
0 dilihat
PAN Ngotot Usung Menteri BUMN Erick Thohir Dampingi Prabowo
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan (kiri), saat menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/10/2023). Foto: Antara

" Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan tetap mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024 "

JAKARAT, TELISIK.ID - Partai Amanat Nasional (PAN) menegaskan tetap mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk mendampingi bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pilpres 2024.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN, Zulkifli Hasan (Zulhas), keukeuh atau ngotot  mempertahankan Erick Thohir sebagai calon pendamping Prabowo.

“Kalau PAN ya Pak Erick Thohir, Pak Erick Thohir dicatat,” tegas Zulhas kepada para wartawan usai menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah di kediaman Sekjen PBB, Afriansyah Noor, di Jakarta, Minggu (8/10/2023).

Zulhas tak menampik ada nama-nama lain yang juga dinilai potensial untuk dipasangkan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) dengan Prabowo. Dua nama lain yang ikut dijagokan adalah Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang juga merupakan putra sulung Presiden Jokowi.

Keduanya, baik Khofifah maupun Gibran, menurut Zulhas, merupakan orang-orang hebat. Zulhas menyebut KIM juga masih terus membahas mengenai siapa yang tepat mendampingi Prabowo, agar bisa memperoleh suara terbanyak dan memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

Baca Juga: Projo Jawa Timur Dukung Duet Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Menurut Zulhas, KIM yang di dalamnya terdapat Partai Gerindra, Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gelora, PBB, dan Partai Garuda, merupakan koalisi yang penuh dengan kekeluargaan, persaudaraan, dan musyawarah. Sehingga mufakat yang diambil adalah benar-benar dipertimbangkan dengan matang.

“Nanti yang lain silahkan mengusulkan. Nanti kami sudah mulai didiskusikan, kan mau menang. Kalau ini (nama bacawapres) gimana, kalau ini gimana,” kata Zulhas.

Sebelumnya, Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo karena dinilai memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia.

Dalam deklarasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Samawi, Muhammad Nahdy menyampaikan, Samawi mendukung Gibran Rakabuming Raka sebagai bacapres yang akan mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2024.

“Kami juga memandang bonus demografi harus direspons dengan keberpihakan yang nyata terhadap anak muda,” ujar Nahdy di Jakarta, Sabtu (7/10/2023).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB), Afriansyah Noor, menilai Prabowo merupakan sosok yang dapat membawa perubahan bagi bangsa Indonesia untuk lebih maju ke depan.

“Dan sekarang Partai Bulan Bintang mendukung Bapak Prabowo Subianto untuk menjadi Presiden pada tahun 2024,” ujar Afriansyah dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriyah di kediamannya di Jakarta, Minggu.

Tekad untuk memenangkan Prabowo di Pilpres 2024 terus didengungkan oleh Gerindra. Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, menginstruksikan seluruh pengurus dan kader partai untuk mendirikan posko juang Prabowo Presiden, sebagai bacapres pada Pilpres 2024.

“Saya mengeluarkan instruksi harian kepada seluruh kader Partai Gerindra, di manapun berada dan simpatisan Prabowo Subianto agar membuat posko juang Prabowo Presiden,” kata Dasco dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Penegasan itu disampaikan Dasco pada kegiatan Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Tangerang Selatan, Banten. Dia menjelaskan, posko juang ini nantinya dapat dipergunakan sebagai sarana perjuangan untuk mengawal kemenangan Prabowo di Pilpres 2024.

“Pendukung Pak Prabowo bukan hanya dari Partai Gerindra, tapi dari berbagai kalangan yang mungkin belum berpartai,” ujar Dasco optimis.

Dasco berharap posko itu dipergunakan untuk mengonsolidasikan dan mengkomunikasikan pemenangan Prabowo di setiap desa atau kelurahan.

Baca Juga: JK Puji Anies Punya Kecerdasan Pimpin Bangsa, Bicara Lebih Detail dari Puan dan Prabowo

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bacapres-bacawapres dijadwalkan dimulai pada 19-25 Oktober 2023.

Sebagaimana diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Atau, pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara. (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga