Fakultas Kesehatan Masyarakat UHO Mantapkan Kiprah Internasional

Adinda Septia Putri, telisik indonesia
Senin, 03 Juli 2023
0 dilihat
Fakultas Kesehatan Masyarakat UHO Mantapkan Kiprah Internasional
Kunjungan FKM UHO Kendari ke Universiti Kebangsaan Malaysia. Foto: Ist.

" Peningkatan mutu pendidikan suatu perguruan tinggi, salah satunya dapat dilakukan dengan kolaborasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya "

KENDARI, TELISIK.ID - Peningkatan mutu pendidikan suatu perguruan tinggi, salah satunya dapat dilakukan dengan kolaborasi dan kerjasama dengan perguruan tinggi lainnya.

Seperti yang dilakukan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, yang melakukan kerjasama skala internasional dengan Universiti Kebangsaan Malaysia.

FKM UHO dalam mewujudkan komitmennya pada pemenuhan Indikator kinerja pimpinan perguruan tinggi, tim FKM UHO, Dr. Suhadi, SKM., M.Kes (Dekan), Dr. Jafriati, S.Si., M.Si (Wakil Dekan bidang akademik) dan Nurmaladewi, S.KM., M.P.H (Kepala Laboratorium Kesehatan Masyarakat) berada di negara Malaysia yang dijulukin negeri Jiran, guna melakukan penandatanganan Kerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia.

Baca Juga: Dit Lantas Polda Sulawesi Tenggara Sebut Tak Ada Pungli dalam Pengurusan Plat Nomor Kendaraan

Dekan FKM UHO, Dr. Suhadi SKM., M.Kes dalam sambutannya mengatakan, ingin meningkatkan kinerja fakultas melalui kolaborasi internasional dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing global dan juga memberikan pengalaman kepada dosen dan mahasiswa dalam berkolaborasi terkait dengan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Diskusi dan presentasi dari FKM UHO kepada pihak UKM mengenai misi kedatangan untuk melaksanakan aktivitas benchmarking kurikulum, sinergi isu penelitian kolaboratif dan visiting lecturer. Foto: Ist.

 

Wakil Dekan Bidang Akademik FKM UHO, Dr. Jafriati, S.Si., M.Si melaporkan, pihaknya berkunjung ke Universiti Kebangsaan Malaysia melaksanakan presentase dan diskusi, Senin, (3/7/2023).

Presentase tersebut sebagai sebagai rangkaian pendahuluan penandatanganan MoU FKM UHO dengan Fakulti Sains Kesihatan Universiti Kebangsaan Malaysia.

“Dalam sesi diskusi ini saya selaku pihak yang mewakili FKM UHO mempresentasikan misi kedatangan untuk melaksanakan aktfitas benchmarking kurikulum, sinergi isu penelitian kolaboratif dan visiting lecturer,” jelasnya.

Diskusi dipimpin oleh Dekan FSK UKM, Prof. Dr. Suzana Shahar dan Wakil Dekan Pascasarjana, Associate Prof. Dr. Mohd Izzuddin Hairol yang dihadiri oleh Deputy Dean, Kepala laboratorium, pengelola fakultas, peneliti dan administrator.

Pihak Universiti Kebangsaan Malaysia menyimak presentasi dari rombongan dosen UHO Kendari. Foto: Ist.

 

Setelah sesi diskusi dilanjutkan dengan kunjungan yang dipimpin oleh Nurul Farhana Jufri untuk observasi sarana dan prasarana pembelajaran dan penunjang laboratorium yaitu Laboratorium Safety & Industry Hygiene, Biosafety, Water Quality, Toxicology, Toxicology Analysis, and Novel Antibiotics. Kunjungan dilanjutkan ke  Klinik FSK’s Physiotherapy, Occupational Therapy, Psychology dan Optometry Clinics.

Diakhir rangkaian kegiatan dilakukan penandatanganan MoU antara Dekan FKM UHO, Suhadi dengan Dekan Fakulti Sains Kesihatan Universiti Kebangsaan Malaysia, Suzana Shahar.

Dilansir dari Wikipedia.com, Universiti Kebangsaan Malaysia adalah universitas riset publik Malaysia yang berlokasi di Bandar Baru Bangi, Hulu Langat, Selangor.

Baca Juga: Berlaku Sejak 1 Juli, Tarif Kapal KFC Jet Liner Alami Kenaikan

Ini adalah salah satu universitas paling bergengsi di Malaysia dan Asia Tenggara. Ada lebih dari 22 ribu mahasiswa terdaftar di UKM (17.500 mahasiswa sarjana, dan 5.105 mahasiswa pascasarjana yang 1.368 di antaranya adalah mahasiswa asing dari 35 negara).

Universiti Nasional Malaysia adalah salah satu dari lima universitas yang mengoordinasikan penelitian di Malaysia. UNM adalah universitas terbaik ke-160 di dunia setelah QS World University Rankings yang dilakukan pada tahun 2020. UKM juga menempati peringkat ke-98 dalam 100 universitas baru terbaik yang didirikan dalam 50 tahun terakhir di dunia. (B)

Penulis: Adinda Septia Putri

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga