Forkopimda, Parpol, Penyelenggara dan Stakeholder di Muna Ingin Pemilu Damai

Sunaryo, telisik indonesia
Selasa, 17 Oktober 2023
0 dilihat
Forkopimda, Parpol, Penyelenggara dan Stakeholder di Muna Ingin Pemilu Damai
Forkopimda bersama penyelenggara pemilu, parpol dan masyarakat menggelar deklarasi pemilu damai. Foto: Sunaryo/Telisik

" Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), partai politik dan stakeholder di Muna, sepakat menginginkan pemilu damai "

MUNA, TELISIK.ID - Kepolisian Resor (Polres) Muna menginginkan seluruh tahapan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan kondusif. Berangkat dari situ, institusi yang dipimpin AKBP Mulkaifin itu memfasilitasi kegiatan Deklarasi Pemilu Damai.

Deklarasi diikuti Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu), partai politik (parpol) dan stakeholder. Seluruhnya pun sepakat menginginkan pemilu damai.

Kapolres Muna, AKBP Mulkaifin mengatakan, tahapan pemilu sangat panjang. Tentunya, dalam rentang waktu yang lama itu, akan muncul dinamika. Karenanya, butuh kerja sama, koordinasi dan kolaborasi seluruh pihak untuk menciptakan situasi yang aman dan tertib.

"Kami dari pengamanan mengharapkan dukungan semua pihak, agar pesta demokrasi berjalan aman, lancar dan kondusif," kata Mulkaifin, Selasa (17/10/2023).

Mulkaifin mengajak seluruh pemangku kepentingan dan stakeholder agar meminimalisir gangguan kamtibmas, sehingga masyarakat dapat dengan tenang dan nyaman dalam menyalurkan hak pilihnya.

Baca Juga: Forkopimda Muna Komitmen Jaga Harmonisasi

"Mari kita bersama-sama hilangkan potensi kerawanan," ajaknya.

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim mengaku, tahapan pemilu yang paling krusial ada di masa kampanye. Karenanya, ia berharap peserta pemilu dapat menghindari adanya politik uang (money politics), berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat merugikan peserta pemilu lainnya.

"Peserta pemilu harus mematuhi rambu-rambu yang ada," katanya.

Baca Juga: Sukseskan Pemilu, KPU Muna Barat Minta Dukungan Forkopimda

Ia juga meminta parpol dan masyarakat agar terus melakukan pengawasan terhadap penyelenggara. Takutnya, jangan sampai ada penyelenggara yang tidak netral.

Sementara itu, Ketua KPU Muna, LM Aksar Adi Jaya menerangkan, suksesnya pelaksanaan pemilu bukan saja menjadi tanggung jawab penyelenggara. Tetapi, menjadi tanggung jawab semua pihak.

"Suksesnya pemilu menjadi tanggung jawab bersama, sehingga dapat berjalan damai, tertib dan berintegritas," tandasnya. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga