Gakkumdu Sultra Masif Awasi Money Politics dan Pelanggaran Pidana Jelang Pilkada 2024

Erni Yanti, telisik indonesia
Rabu, 02 Oktober 2024
0 dilihat
Gakkumdu Sultra Masif Awasi Money Politics dan Pelanggaran Pidana Jelang Pilkada 2024
Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara, Iwan Rompo Banne. Foto: Erni Yanti/Telisik

" Gerakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Provinsi Sulawesi Tenggara memasifkan pengawasan masa kampanye jelang Pilkada 2024 "

KENDARI, TELISIK.ID - Gerakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Provinsi Sulawesi Tenggara memasifkan pengawasan masa kampanye jelang Pilkada 2024.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Sulawesi Tenggara, Iwan Rompo Banne. Dia mengatakan, saat ini sudah memasuki masa kampanye sehingga pengawasan semakin ditingkatkan.

"Karena ini sudah masuk tahapan kampanye jadi setelah itu diikuti masa tenang kemudian pemungutan dan perhitungan suara. Tiga waktu itu, mulai dari masa tenang dan seterusnya itu kan sudah masuk tempusnya money politics," kata Iwan Rompo.

Kemudian kata Iwan, di masa kampanye kemungkinan terjadi pelanggaran-pelanggaran pidana sehingga Gakkumdu provinsi akan keliling di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Tenggara.

"Untuk melakukan ekstensi supervisi terhadap Gakkumdu di kabupaten kota dalam rangka penanganan pelanggaran pidana," ungkapnya.

Baca Juga: Bawaslu dan Sentra Gakkumdu Muna Barat Tuntut Panwascam Tahu Alur Tangani Pelanggaran

Selanjutnya, pengawasan masa kampanye di kabupaten dan kota juga akan dimasifkan terutama aparat desa yang berpotensi melakukan tindakan menguntungkan salah satu calon.

"Money politics misalnya ada aparat desa yang mengkampanyekan, atau pejabat yang melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon, itu akan diproses," tambahnya.

Baca Juga: Harga Pengadaan Alat Peraga Kampanye Disorot, Gapeknas Sebut Ada Permainan Harga

Sementara Kasi Terorisme dan Hubungan Luar Negeri Kejati Sultra, Fadly Alamsyah Safaa menyampaikan bahwa Gakkumdu terdiri dari berbagai unsur sehingga dapat dilakukan peningkatan sinergitas dalam meningkatkan kompetensi dan pemahaman serta mewujudkan kesamaan cara bertindak dalam penegakan hukum pelanggaran tindak pidana pemilihan.

"Penyamaan persepsi ini agar pelaksanaan pilkada aman, tertib dan lancar maka diperlukan situasi keamanan ketertiban masyarakat yang kondusif," katanya.

Diketahui Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan rapat koordinasi Gakkumdu di Hotel Claro Kendari, Selasa (1/9/2024). Rakor Gakkumdu bertujuan menyamakan persepsi gerak langkah antara Gakkumdu Provinsi dengan Gakkumdu kabupaten kota. (B)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga