Dishub Sulawesi Tenggara Tekankan Sadar Berlalu Lintas Sejak Usia Dini

Erni Yanti, telisik indonesia
Kamis, 09 November 2023
0 dilihat
Dishub Sulawesi Tenggara Tekankan Sadar Berlalu Lintas Sejak Usia Dini
Momen milad SALUD Sulawesi Tenggara dirangkaikan dengan lomba mewarnai bersama anak-anak komunitas SALUD. Foto: Instagram saludsultra.

" Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, melalui Bidang Lalu Lintas Jalan (LLJ) menanamkan pemahaman dan kesadaran dalam berlalu lintas melalui kegiatan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) "

KENDARI, TELISIK.ID - Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara, melalui Bidang Lalu Lintas Jalan (LLJ) menanamkan pemahaman dan kesadaran dalam berlalu lintas. Hal itu dilakukan melalui kegiatan Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) Sulawesi Tenggara, yang merupakan program nasional Kementerian Perhubungan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan, Hariyati mengatakan, yang mengikuti kegiatan SALUD didominasi anak-anak.

"Iya sekarang memang ini lagi digencarkan, banyak anak-anak yang mengikuti dan kami juga punya grup WhatsApp, Facebook dan Instagram," kata Hariyati kepada Telisik.id belum lama ini.

Hariyati juga menegaskan bahwa begitu pentingnya keselamatan berlalu lintas, sehingga kegiatan ini sangat diutamakan. Selain itu beberapa metode lainnya akan dilakukan untuk menguatkan keselamatan dalam berlalu lintas.

Dilansir dari Dephub.go.id, terjadinya kecelakaan di jalan raya berawal dari ketidakpatuhan pengguna jalan terhadap peraturan lalu-lintas serta rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Dishub Sulawesi Tenggara Sebut Angkutan Berat Mesti Utamakan Kendaraan Lain di Jalan

Untuk patuh terhadap rambu-rambu lalu-lintas, tidak bisa instan dan seharusnya dilakukan edukasi sejak usia dini/anak-anak, untuk menanamkan sikap disiplin dalam menjaga keselamatan di jalan dengan memahami peraturan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Persembahan TK Graha Asri Puuwatu sebagai sekolah favorit SALUD Sulawesi Tenggara. Foto: Instagram saludsultra

 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengajak para pemangku kepentingan terkait masalah keselamatan jalan untuk memanfaatkan usia emas anak untuk memberi pendidikan tentang bagaimana berlalu lintas yang baik dan berkeselamatan.

Baca Juga: Dishub Sulawesi Tenggara Bakal Tertibkan Parkir Liar

Imbauan tersebut disampaikan Menhub dalam Seminar Nasional Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD). yang diselenggarakan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dalam rangka memperingati Dies Natalis Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) ke-51, pekan silam.

Menhub menegaskan, pendidikan sadar berlalu lintas sejak usia dini penting untuk diterapkan sebagai landasan dari pembangunan karakter manusia yang berkeselamatan dalam bertransportasi.

“Diharapkan sejak anak-anak sudah dapat memahami apa arti berlalu lintas yang baik dan memberikan contoh kepada orang-orang terdekatnya bahkan ke orang yang lebih dewasa yang belum mengetahui berlalu lintas yang aman dan berkeselamatan,” harapnya. (B-Adv)

Penulis: Erni Yanti

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga