Gempa Lagi, Kali Ini di Bangkalan Terasa hingga Surabaya

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Sabtu, 15 Januari 2022
0 dilihat
Gempa Lagi, Kali Ini di Bangkalan Terasa hingga Surabaya
Usai gempa bumi. Foto: ugm.ac.id

" Gempa bumi bermagnitudo 4.1 mengguncang wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur "

SURABAYA, TELISIK.ID - Setelah terjadi di Banten pada Jumat (14/1/2022), gempa kembali terjadi di wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur sore ini, Sabtu (15/1/2022).

Mengutip detik.com, gempa bumi bermagnitudo 4.1 mengguncang wilayah Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Gempa ini diketahui terjadi pukul 15:18:09 WIB. Goncangan gempa Bangkalan dirasakan hingga Kota Surabaya.

"Kebanyakan yang merasakan warga Surabaya," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Geofisika Pasuruan Suwarto di Surabaya.

Suwarto menambahkan, getaran berkekuatan II MMI dirasakan di Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Bangkalan dan Sumenep.

Diketahui, titik gempa berada pada koordinat 7.25 Lintang Selatan dan 112.92 Bujur Timur tepatnya 23 km Tenggara Bangkalan. Tak hanya itu, gempa ini terjadi pada kedalaman 14 km.

Melansir cncbindonesia.com, berdasarkan hasil analisa BMKG menujukan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,1 magnitudo.

"Episenter terletak pada koordinat 7.25° LS dan 112.92° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Tenggara Bangkalan Jatim, pada kedalaman 14 km," terang BMKG melalui akun resminya, Sabtu (15/1/2022). 

Baca Juga: Mendarat di Jakarta, Kepala BNPB Langsung Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Banten

Adapun gempa bumi itu terjadi pada pukul 15.18.09 WIT. BMKG mencatat, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault.

Sementara itu, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Bangkalan III MMI.

"Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Sumenep II MMI," terang BMKG.

BMKG memastikan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: 57 Rumah Rusak Akibat Gempa Banten M 6.6

"Hingga hari Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 15.56 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," tandas BMKG. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin

Baca Juga