Gibran Tolak Disebut Serang Cak Imin dan Mahfud, Prabowo Singgung Rakyat Ingin Cepat Pemilu

Mustaqim, telisik indonesia
Senin, 22 Januari 2024
0 dilihat
Gibran Tolak Disebut Serang Cak Imin dan Mahfud, Prabowo Singgung Rakyat Ingin Cepat Pemilu
Gibran Rakabuming Raka dan Prabowo Subianto menjawab pertanyaan wartawan usai debat keempat kampanye Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Senayan, Minggu (21/1/2024) malam. Foto: Mustaqim/Telisik

" Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dianggap tidak bisa menjawab substansi pertanyaan yang dilontarkan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar maupun cawapres nomor urut 3, Mahfud Md "

JAKARTA, TELISIK.ID – Debat keempat kampanye Pilpres 2024 yang mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres) di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (21/1/2024) malam, tak kalah seru dari tiga debat sebelumnya.

Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dianggap tidak bisa menjawab substansi pertanyaan yang dilontarkan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, maupun cawapres nomor urut 3, Mahfud Md. Akibatnya, Gibran melakukan serangan balik kepada Cak Imin dan Mahfud.

Namun, tudingan serangan balik kepada dua lawan debatnya itu ditepis oleh Gibran. Dia mengatakan, karena debat yang disiarkan juga secara live oleh tiga stasiun televisi, terkait jawaban dan sikapnya diserahkan kepada penonton.    

“Masalah offensive atau tidak itu saya kembalikan lagi ke pemirsa, ke penonton ya. Saya tadi hanya bertukar pikiran, menyampaikan visi misi, itu saja,” kilah putra sulung Presiden Jokowi ini usia debat di JCC Senayan, Jakarta.

Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengaku puas dan bangga dengan penampilan Gibran di debat keempat. Dia menilai Gibran tampil baik karena berhasil menunjukkan kapasitas dan kemampuannya sebagai cawapres.  

Baca Juga: Debat Keempat Cawapres: Cak Imin Sejahterakan Petani, Gibran Pertahankan Hilirisasi, Mahfud Libatkan Kearifan Lokal

“Tadi tentunya saya sangat bangga lagi, ternyata Mas Gibran kembali tunjukkan kapasitas, kemampuan, penguasaan terhadap masalah ekonomi. Jadi ya kami turut bangga,” kata Prabowo.

Prabowo sebelumnya telah berungkali menyebut dirinya sebagai representasi Jokowi sehingga akan melanjutkan segala kebijakan yang telah dilakukan pemerintahan Jokowi. Dia mengatakan rakyat sudah paham dengan pembangunan yang dihasilkan oleh Jokowi dan semua presiden terdahulu.

Menteri Pertahanan RI ini menegaskan, dirinya bersama Gibran ingin melanjutkan semua yang baik dan tambah mempercepat kemajuan yang sudah dilakukan Jokowi demi kemakmuran rakyat Indonesia.

“Saya kira rakyat ingin secepatnya pemilu datang supaya keputusan jelas dan bangsa kita bisa bekerja lebih baik lagi ke depan,” imbuhnya.

Secara khusus Prabowo menyampaikan terima kasih kepada penyelenggara debat dan stasiun televisi pemegang hak siar. Dia menilai debat keempat berlangsung lancar dan tertib.

Menanggapi hasil debat keempat kampanye Pilpres 2024, Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengakui Cak Imin dan Mahfud tampil baik. Namun, dia menilai Gibran tak kalah dari dua cawapres tersebut.

“Cak Imin dan Pak Mahfud saya lihat tampil baik dalam debat tadi. Tapi Gibran tidak mengecewakan dan malah tampil lebih baik,” ujarnya, di JCC usai debat.

Baca Juga: Pengamanan Debat Keempat Libatkan 2.000 Personel, Cak Imin, Gibran, Mahfud Optimis Lebih Unggul

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang resmi mendukung dan bergabung di TKN Prabowo-Gibran, memastikan segera mengambil cuti agar bisa membantu memenangkan capres-cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024.

Khofifah menyebut hari cuti yang akan diambilnya yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu. Tapi, dia  mengaku belum tahu tugas khusus yang diberikan oleh TKN Prabowo-Gibran.

“Belum, belum. Nanti secara khusus mungkin. Tapi saya sudah resmi per tanggal 21 (21 Januari 2024 bergabung di TKN Prabowo-Gibran, red),” jelas Khofifah di JCC usai debat keempat.

Debat keempat kampanye Pilpres 2024 bertema pembangunan berkelanjutan, pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, serta kehidupan masyarakat adat dan desa. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga