Pengamanan Debat Keempat Libatkan 2.000 Personel, Cak Imin, Gibran, Mahfud Optimis Lebih Unggul

Mustaqim, telisik indonesia
Minggu, 21 Januari 2024
0 dilihat
Pengamanan Debat Keempat Libatkan 2.000 Personel, Cak Imin, Gibran, Mahfud Optimis Lebih Unggul
Anggota KPU RI, August Mellaz (kanan), menjelaskan persiapan debat keempat di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat (19/1/2024) malam. Foto: Mustaqim/Telisik

" Pengamanan pelaksanaan debat cawapres ini akan melibatkan 2.000 personel dari Polda Metro Jaya "

JAKARTA, TELISIK.ID – Debat keempat kampanye Pilpres 2024 yang mempertemukan tiga calon wakil presiden (cawapres) akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1/2024).

Pengamanan pelaksanaan debat cawapres ini akan melibatkan 2.000 personel dari Polda Metro Jaya.

Jakarta Convention Center kembali menjadi pilihan untuk pelaksanaan debat. Sebelumnya, pada debat kedua juga mempertemukan tiga cawapres, 22 Desember 2023, JCC juga digunakan.

Karena itu, pengamanan pada debat keempat masih menggunakan pola dan jumlah personel yang sama seperti saat debat kedua.

“Kami menyiapkan 2.000 personel untuk pelaksanaan pengamanan kegiatan debat keempat cawapres yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 21 Januari 2024,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Ade Ary Syam Indradi, di Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Mengenai kemungkinan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Gelora Bung Karno, lokasi JCC berada, Ade memastikan tidak akan dilakukan dan tetap berjalan seperti biasa. Pelaksanaan debat keempat bertepatan dengan hari libur kerja sehingga tidak menimbulkan kepadatan arus lalu lintas.

“Kami mohon dukungan dan kerja sama semua pihak dari masyarakat agar kegiatan (debat keempat) bisa berlangsung aman dan tertib,” harap Ade.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebelumnya sudah memastikan debat keempat tidak mengalami perubahan format dan masih tetap sama dengan debat sebelumnya. Perbedaan hanya pada giliran calon yang pertama menyampaikan visi, misi, dan program.

Debat keempat kampanye Pilpres 2024 akan mempertemukan cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin; cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka; dan cawapres nomor urut 3, Mahfud MD.

Saat debat keempat, giliran pertama yang akan menyampaikan visi, misi, dan program adalah Cak Imin. Karena itu, posisi berdiri Cak Imin bersama podium akan ditempatkan di tengah, diapit oleh Gibran dan Mahfud.

Baca Juga: Debat Keempat Pilpres 2024 KPU Batasi Pengawal Capres-Cawapres, TKN Pastikan Gibran Bikin Kejutan Baru

“Untuk posisi (berdiri di depan podium), nanti kalau nggak salah itu paslon (nomor urut) 1 di tengah,” jelas anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz, di Media Center KPU RI, Jakarta, Jumat (19/1/2024) malam.

Cak Imin, Gibran, dan Mahfud akan berdebat merujuk enam sub tema yang telah disusun oleh 11 panelis. Enam sub tema ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Debat akan dipandu oleh dua moderator perempuan, yakni Retno Pinasti dari SCTV dan Zilvia Iskandar dari Metro TV. Selain SCTV dan Metro TV, satu stasiun televisi lain yang juga dipercaya sebagai pemegang hak siar debat ini adalah Indosiar.

Jelang debat keempat ini, Kapten Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Syaugi Alaydrus, sangat yakin Cak Imin akan menguasai masalah sesuai sub tema yang disiapkan oleh para panelis.

“Mudah-mudahan dengan kesiapan yang sudah dipersiapkan, insya Allah, nanti hari Minggu bisa kita lihat bersama bagaimana strategi beliau untuk melahap semua substansi itu,” ujar Syaugi di Jakarta.

Syaugi menyebut Cak Imin akan menyampaikan permasalahan dan potensi sumber daya hingga ketahanan pangan secara baik. Selain itu, juga terkait kebutuhan masyarakat untuk bertani.

“Pak Anies dan Pak Muhaimin selalu mengatakan persoalan petani itu hanya tiga, enggak banyak. Nomor satu pupuk, nomor dua pupuk, nomor tiga pupuk. Jadi itu yang nanti digaungkan oleh beliau,” kata Syaugi.

Dari tim Ganjar-Mahfud, untuk debat keempat nanti, akan menyampaikan persoalan perlindungan terhadap komunitas masyarakat adat di Indonesia.

Persoalan ini, menurut Deputi Inklusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Sandra Moniaga, sengaja diangkat karena Rancangan Undang-Undang (RUU) Masyarakat Adat dijelaskan di dalam visi dan misi Ganjar-Mahfud.

“Persoalan di bidang ini mencakup percepatan reforma agraria dan tata ruang yang adil, demokratis, dan berkelanjutan dalam rangka tercapainya keadilan sosial,” jelas Sandra dana menyebut Mahfud akan memenangi debat.

RUU Masyarakat Adat, kata Sandra, telah lama diusulkan oleh masyarakat sipil yakni sejak tahun 2003. Naskah RUU Masyarakat Adat saat ini telah diselaraskan pada Badan Legislasi DPR dan diserahkan kepada pimpinan DPR sejak tahun 2020.

Namun, Sandra menyebut nasib RUU ini tidak jelas sejak berada di pimpinan DPR. “Pengesahan RUU disebut-sebut terganjal kepentingan investor,” ujarnya.

Sementara dari kubu tim capres-cawapres nomor urut 2, tetap percaya diri (pede) bahwa Gibran bisa mengungguli Cak Imin dan Mahfud. Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, yang tergabung di TKN Prabowo-Gibran, menyebut putra sulung Presiden Jokowi ini sudah mantap.

“Mantap lah,” kata Airlangga, tanpa mau melanjutkan penjelasan terkait kesiapan apa saja yang telah dilakukan Gibran menghadapi debat keempat.

Tiga cawapres akan saling berdebat di debat keempat dipastikan akan saling mengeluarkan kemampuan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disusun oleh 11 panelis. Sementara para panelis sudah disiapkan oleh KPU telah dikarantina di Jakarta sejak Jumat (19/1/2024).

Berikut daftar 11 nama panelis debat keempat:

1. Prof. Dr. Ir. Abrar Saleng, S.H, M.H (Ahli Hukum Agraria dan Sumber Daya Alam, Universitas Hasanuddin).

Baca Juga: Pengaruh Elektabilitas Debat Ketiga Capres 2024 hingga Jadi Sorotan Media Asing

2. Dr. Arie Sujito, SP M.Si, (Sosiolog Pedesaan/Dosen Fisipol UGM).

3. Prof. Dr. Arif Satria, SP. MSi (Ahli Ekologi Politik dan Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam, Rektor Institut Pertanian Bogor).

4. Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

5. Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute Presedential Services Reform).

6. Prof. Dr. Ir. Haryadi Kartodihardjo, MS (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan Institut Pertanian Bogor).

7. Prof. Dr. Ir. Ridwan Yahya, M.Sc, (Ahli Kehutanan dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Teknologi Hasil Hutan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu).

8. Rukka Sombolinggi, SP, M.A (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara/Ahli Masyarakat Adat).

9. Prof. Sudharto, P. Hadi, Ph.D, (Pakar Manajemen Lingkungan/Rektor Universitas Diponegoro 2010-2015).

10. Prof. Dr. Sulistiyowati Irianto, M.A, (Guru Besar Antropologi Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia).

11. Ir. Tubagus Furqon Sofhani, M.A, Ph.D (Ahli Perencanaan Wilayah dan Perdesaan Institute Teknologi Bandung). (A)

Reporter: Mustaqim

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga