Golongan Darah Ini Rentan Terkena Penyakit Jantung, Apa Kamu Termasuk?

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Senin, 13 Desember 2021
0 dilihat
Golongan Darah Ini Rentan Terkena Penyakit Jantung, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi percontohan pemeriksaan jantung. Foto: Repro kompas.com

" Orang dengan golongan darah A disebut lebih rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah "

JAKARTA, TELISIK.ID – Darah menjadi komponen penting yang terdapat pada tubuh manusia. Pada umumnya, golongan darah dikenal ada 4, yaitu O, A, B, dan AB.

Setiap orang dengan golongan darah berbeda berarti memiliki komponen darah yang berbeda pula. Hal ini sering digunakan untuk menilai kecocokan saat akan menerima atau mendonorkan darah.

Selain itu, golongan darah juga dikaitkan dengan risiko kesehatan yang biasa dialami seseorang. Salah satunya adalah rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah.

Melansir halodoc.com, orang dengan golongan darah A disebut lebih rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah yang bisa berujung pada penyakit kardiovaskular.

Bahkan ada penelitian yang menyebut bahwa orang dengan darah A memiliki risiko lima kali lebih besar mengalami penyakit jantung, dibandingkan dengan orang berdarah O.

Orang dengan golongan darah A disebut rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah.

Tidak hanya rentan mengalami gangguan jantung dan pembuluh darah, orang dengan golongan darah A disebut juga berisiko lebih tinggi mengalami peningkatan kadar kolesterol jahat.

Jika hal ini dibiarkan berlanjut, risiko penyakit jantung akibat kadar kolesterol tinggi akan menjadi semakin nyata. 

Selain itu, orang dengan golongan darah A juga disebut lebih rentan mengalami kanker perut dibandingkan dengan golongan lain.

Baca Juga: Mau Terlihat Awet Muda? Lakukan 6 Gaya Hidup Ini

Risiko penyakit lain yang juga harus diwaspadai adalah kanker pankreas, diabetes tipe 2, serta stres.

Olehnya itu, sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari risiko penyakit. 

Penyakit jantung sebenarnya bisa dialami oleh siapa saja dan terjadi kapan saja. Namun, golongan darah seseorang ternyata cukup berpengaruh dengan risiko penyakit ini.

Selain A, orang dengan kelompok darah B dan AB juga disebut lebih berisiko mengalami penyakit jantung, dibandingkan orang dengan darah O. Dengan kata lain, golongan darah O cenderung memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah. 

Meski begitu, orang dengan darah O bukan berarti bisa hidup sembarangan. Faktanya, risiko penyakit tetap ada dan bisa menyerang kapan saja.

Meski memiliki risiko penyakit jantung yang paling rendah, tetapi pemilik kelompok darah O ini harus mewaspadai penyakit yang berhubungan dengan lambung. Salah satu penyakit yang cukup sering menyerang adalah tukak lambung. 

Baca Juga: Musim Hujan Rawan DBD dan ISPA, Warga Diimbau Wasapada

Untuk diketahui, mengutip hellosehat.com, serangan jantung adalah salah satu jenis penyakit jantung yang dapat membahayakan nyawa.

Kondisi ini merupakan masalah kesehatan yang terjadi ketika aliran darah yang kaya akan oksigen tiba-tiba terhambat ke otot jantung, sehingga jantung tidak mendapat oksigen. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Artikel Terkait
Baca Juga