Gubernur Ali Mazi Minta Pramuka Jadi Pelopor Kedisiplinan Penerapan Prokes

Siswanto Azis, telisik indonesia
Rabu, 18 Agustus 2021
0 dilihat
Gubernur Ali Mazi Minta Pramuka Jadi Pelopor Kedisiplinan Penerapan Prokes
Gubernur Ali Mazi saat mengikuti upacara HUT Gerakan Pramuka ke-60. Foto: Siswanto Aziz/Telisik

" Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan rasa salut dan apresiasi kepada keluarga besar Gerakan Pramuka Sultra yang telah berupaya semaksimal mungkin menyelenggarakan perayaan HUT Pramuka ini. "

KENDARI, TELISIK.ID - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, memberikan pesan tersendiri dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka ke-60 Tahun 2020, Rabu (18/8/2021).

Upacara yang dilaksanakan di pelataran rumah jabatan gubernur Sultra ini, digelar oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sultra dan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) selaku anggota Majelis Pembimbing Daerah (Mabinda) Gerakan Pramuka Sultra.

“Saya atas nama gubernur menyampaikan apresiasinya kepada para anggota Pramuka yang telah bahu-membahu bersama seluruh elemen bangsa, untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19 di lingkungannya masing-masing,” kata Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi juga menyampaikan rasa salut dan apresiasi kepada keluarga besar Gerakan Pramuka Sultra yang telah berupaya semaksimal mungkin menyelenggarakan perayaan HUT Pramuka ini.

 

Suasana upacara HUT Gerakan Pramuka ke-60. Foto: Siswanto Azis/Telisik

 

Meski memang, kata dia, saat ini masih dalam kondisi dan suasana pandemi COVID-19, dimana aktivitas terbatasi oleh ruang dan waktu yang tentu sangat berbeda dengan aktivitas pada hari-hari sebelumnya.

“Kita sadari bersama bahwa perayaan HUT Pramuka tahun ini sungguh terasa sangat berbeda. Ada perasaan haru dan sedih karena kita tidak bisa merayakannya secara meriah dan bergembira seperti perayaan pada tahun sebelumnya," ujarnya.

"Ini dilakukan demi menjaga agar kita semua tetap sehat, dan tidak terpapar oleh virus COVID-19 yang saat ini masih terus mengintai kita semua,” sambungnya.

Baca juga: 3.107 Pelaku UKM di Kendari Terima Bantuan Rp 300 Ribu

Baca juga: Berbalut Pakaian Adat Tolaki, Wali Kota Kendari Ikut Upacara Daring Bersama Presiden

Ali Mazi yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sultra mengajak kepada semua pihak untuk tetap bersemangat dan memotivasi diri, menjaga kebersamaan dan mengedepankan kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras, dan kerja tuntas berpolakan kolaborasi dengan berbagai elemen sebagai wujud ketangguhan dan optimisme dalam mengabdikan diri bagi masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia.

Menurut Ali Mazi, sebagai organisasi, gerakan Pramuka yang hari ini telah berusia 60 tahun, tentu tidak sedikit peran dan darma bakti yang telah diberikan kepada bangsa dan negara, baik melalui pendidikan maupun melalui jalur bakti sosial yang langsung bersentuhan dengan kehidupan masyarakat.

 

Gubernur Ali Mazi dan para peserta upacara HUT Pramuka. Foto: Siswanto Azis/Telisik

 

Hal ini tertuang dalam program kerja dan kegiatan tahunan yang dirancang secara berkesinambungan.

Lebih lanjut, kata dia, realitas ini menunjukkan betapa kakak-kakak dan adik-adik tercinta, dapat menunjukkan eksistensi Gerakan Pramuka sebagai sebuah organisasi sosial yang memiliki kepedulian besar dalam mengambil bagian dari pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah, meskipun harus diperhadapkan dalam situasi dan kondisi bangsa yang terkadang tidak bersahabat, seperti sekarang ini, adanya pandemi COVID-19.

Untuk itu, ia menitip harapan yang sangat besar, agar kerja-kerja nyata gerakan pramuka, baik di level nasional, maupun di level daerah Sultra yang telah ditunjukkan selama ini akan selalu dipupuk dan dikembangkan dengan tetap berkoordinasi kepada pemerintah daerah selaku pembimbing organisasi di daerah, utamanya dalam merealisasikan peran Gerakan Pramuka dalam ikut serta membantu penanggulangan bencana COVID-19 dan bela Negara.

Perilaku dan tatanan baru itu adalah bagaimana menginternalisasi protokol kesehatan di seluruh aspek hidup dan kehidupan ini.

“Kita tidak bisa lagi bertahan bahkan berhalusinasi dengan pola hidup yang lama, tetapi kita saat ini diharuskan untuk bergerak dan memaksa diri mengubah kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Dalam konteks ini, gerakan Pramuka saya yakini, akan dengan cepat mengadaptasi diri dalam menemukan pola dan cara baru sesuai substansi yang terkandung dalam salah satu butir Dasa Dharma Pramuka yakni disiplin, berani, dan setia,” ungkapnya. (C-Adv)

Reporter: Siswanto Azis

Editor: Fitrah Nugraha

Baca Juga