Gubernur Khofifah Masuk Radar PKB Diusung di Pilgub

Try Wahyudi Ary Setyawan, telisik indonesia
Kamis, 02 Maret 2023
0 dilihat
Gubernur Khofifah Masuk Radar PKB Diusung di Pilgub
Sekretaris PKB Jawa Timur, Anik Maslachah bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar saat berada di Sidoarjo. Foto: Ist.

" Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk radar pantauan PKB dalam Pilgub 2024 mendatang "

SURABAYA, TELISIK.ID - Nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa masuk radar pantauan PKB dalam Pilgub 2024 mendatang. Sekretaris DPW PKB Jawa Timur, Anik Maslachah mengatakan, ada beberapa kader internal yang disiapkan PKB dalam pilgub mendatang.

"Banyak nama-nama internal yang  layak diusung, termasuk para kepala daerah," jelas wanita asal Sidoarjo ini, Kamis (2/3/2023).

Namun demikian, Anik enggan menyebut nama-nama tersebut.

"Nantilah akan tahu sendiri termasuk para kepala daerah yang layak. Sekarang masih sebatas input dulu," jelasnya.

Wanita kelahiran 1972 ini mengakui kalau nama Gubernur Khofifah Indar Parawansa termasuk calon kuat yang masuk radar PKB untuk diusung di pilgub.

Baca Juga: UKK Bacaleg, PKB Manggarai Optimis Raih Kursi Pimpinan di Pemilu

"PKB dan Bu Gubernur Khofifah ada ikatan emosional sehingga beliau layak diusung di pilgub," jelas mantan bendahara Fatayat NU ini.

Anik lalu menjabarkan ikatan emosional PKB dengan sosok Khofifah Indar Parawansa antara lain selama menjadi anggota DPR RI setelah keluar dari PPP adalah anggota Fraksi PKB DPR RI yang pertama kali.

"Kemudian menjadi Menteri Pemberdayaan Perempuan merupakan representasi PKB. Tak hanya itu, sosok Bu Khofifah pernah masuk dalam struktur PKB. Jadi ikatan emosional dengan PKB sangat kuat," terangnya.

Tak hanya itu, dalam Pilgub Jawa Timur beberapa tahun lalu, lanjut Anik, PKB pernah dua kali mengusung yang bersangkutan untuk maju di pilgub.

"Calon kepala daerah yang diusung PKB harus punya andil perjuangan dalam pemilu. Dan Bu Khofifah juga punya andil untuk itu," tandasnya.

Meski namanya masuk radar cawapres di Pilpres 2024 mendatang, beberapa lembaga survei masih melihat sosok Gubernur Khofifah Indar Parawansa masih kuat untuk maju lagi di Pilgub Jawa Timur.

Baca Juga: Minta Diperhatikan, Seniman Indonesia Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Pilpres 2024

"Secara matematis, posisi Bu Khofifah justru lebih berpeluang untuk menang di Pilkada 2024 jika dibandingkan dengan ikut kontestasi Pilpres 2024," kata pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Bangkalan Surokim Abdussalam beberapa waktu lalu.

Pasalnya, Khofifah yang saat ini menjadi gubernur, dalam Pilkada 2024 mendatang maju sebagai incumbent dan sangat menguntungkan.

"Itu karena status beliau incumbent, yang saya pikir, banyak faktor yang menguntungkan untuk ikut kembali (pilkada)," terangnya. (B)

Penulis: Try Wahyudi Ari Setyawan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga