UKK Bacaleg, PKB Manggarai Optimis Raih Kursi Pimpinan di Pemilu

Berto Davids, telisik indonesia
Minggu, 26 Februari 2023
0 dilihat
UKK Bacaleg, PKB Manggarai Optimis Raih Kursi Pimpinan di Pemilu
PKB Manggarai menggelar uji kelayakan dan kepatuhan untuk 38 bacaleg. Foto: Ist.

" 38 bacaleg kabupaten, provinsi dan DPR RI, mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang digelar DPC PKB Kabupaten Manggarai, Provinsi NTT "

MANGGARAI, TELISIK.ID - 38 bakal calon anggota legislatif (bacaleg) kabupaten, provinsi dan DPR RI, mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (UKK) yang digelar Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan yang berlangsung Minggu (26/2/2023) di sekretariat DPC PKB, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong itu, merupakan strategi PKB untuk memenangkan Pemilu 2024.

Ketua Panitia, Bonifasius Berdi mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan Peraturan PKB tahun 2023 tentang Pedoman dan Petunjuk Teknis Rekrutmen Caleg DPRD Kabupaten/Kota, DRPD Provinsi dan DPR RI.

Melalui UKK, tambahnya, PKB betul-betul akan melahirkan bakal calon legislatif yang berintegritas, kredibel serta mampu memperjuangkan kepentingan rakyat.

“Seleksi tahapan UKK juga untuk menentukan calon legislatif secara transparan dan demokrasi,” ujarnya.

Baca Juga: Gerindra Target 7 Kursi DPRD Sulawesi Tenggara

Ia menjelaskan, materi UKK meliputi kemampuan memahami fungsi legislasi, leadership, integritas, komitmen pada NKRI, komitmen pada ideologi dan perjuangan partai, serta rekam jejak kandidat.

Bonifasius berharap para bacaleg bisa mempresentasikan upaya dan strategi demi melahirkan kebijakan yang berpihak pada kepentingan rakyat sesuai dengan dinamika dan potensi masing-masing daerah pemilihan di Kabupaten Manggarai.

“Dari hasil UKK, pimpinan DPRD bisa diraih oleh PKB Manggarai untuk 2024-2029 dan mampu menjalankan fungsi dengan baik sejalan dengan kepentingan masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu Ketua DPC PKB Kabupaten Manggarai, Kosmas Banggut mengatakan bahwa UKK dilakukan untuk mencari bakal calon yang kompetitif demi kemenangan Pemilu 2024.

“Tujuan kita di tahun 2004 itu PKB meraih kemenangan sehingga  targetnya kita lebih dari empat kursi,” ujar Anggota DPRD Kabupaten Manggarai Itu.

Ia optimis, PKB Manggarai mampu merebut kursi pimpinan pada Pemilu 2024.

Baca Juga: Dekati NU, PAN Jawa Timur Buka Lowongan Caleg Kalangan Ponpes

“Salah satu prosesnya apa yang kita lakukan hari ini, yakni UKK,” cetus Kosmas.

Kosmas meminta para bakal calon untuk loyal bekerja demi partai. Bekerja keras agar mendulang suara sebanyak mungkin pada pemilu nanti.

“Bekerja bukan hanya sekadar mendapatkan suara, tetapi untuk mendapatkan sebuah kemenangan dan untuk mendapatkan sebuah kemenangan itu, kerjanya tidak boleh terbatas,” tutup Kosmas. (B)

Penulis: Berto Davids

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga