Harga Pangan Mahal, 8 Ton Beras dan Ratusan Liter Minyak Dikucurkan di Buton

Febriyani, telisik indonesia
Selasa, 19 Maret 2024
0 dilihat
Harga Pangan Mahal, 8 Ton Beras dan Ratusan Liter Minyak Dikucurkan di Buton
Penjabat Bupati Buton saat pembukaan pasar murah di Baruga Pasarwajo, Kabupaten Buton. Foto: Febriyani/Telisik

" Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Baruga Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa (19/3/2024) sore "

BUTON, TELISIK.ID - Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Baruga Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa (19/3/2024) sore.

Gerakan tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Buton La Ode Mustari. Ia mengapresiasi Dinas Ketahanan Pangan Sultra yang melaksanakan kegiatan ini di wilayah Kabupaten Buton.

"Terimakasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Sultra yang sudah menggelar kegiatan ini, di tengah melonjaknya harga pangan menjelang hari raya Idhul Fitri," katanya dalam pembukaan Gerakan Pangan Murah di Baruga Pasarwajo.

Baca Juga: PKN Optimis Bisa Ikut Kompetisi Pilkada di Buton

Pada kesempatan tersebut, La Ode Mustari juga mengatakan, program pemerintah ini sangat strategis dalam rangka menjaga stabilisasi harga pangan dan menekan inflasi di Kabupaten Buton yang hari ini mencapai tiga koma lebih.

"Jadi sekarang ini di bawah pemerintahan Jokowi, para kepala daerah di seluruh Indonesia ditekan untuk fokus pada inflasi, bahkan setiap Senin itu kita rapat langsung dipipin oleh Mendagri RI," jelasnya.

Orang nomor satu di bumi penghasil Aspal ini berharap, dengan adanya pasar murah bisa mengimbangi harga pangan yang melonjak dan dapat menekan inflansi di Kabupaten Buton.

"InsyaAllah pemerintah daerah Kabupaten Buton akan menggelar hal serupa, pada tanggal 25 nanti," pungkasnya.

Kepala Dinas Provinsi Sulawesi Tenggara, melalui Penjabat Fungsional Ahli Muda Bidang Distribusi Pangan, Hesti mengatakan, program ini bertujuan untuk menstabilkan harga pangan yang melonjak menjelang hari raya keagaaman.

Baca Juga: Perdana, Hasil Laut di Buton Merambat ke Pulau Jawa

Sasaran kegiatan ini adalah masyarakat yang merasakan dampak langsung dari melonjaknya harga pangan.

"Program ini akan digelar selama tiga hari, dari tanggal 19- 21, Dinas Ketahanan Pangan menyediakan beras SPHP sebanyak 7 ton, beras premium 1 ton, Minyak Kita sebanyak 300 dos, bawang merah dan bawang putih," jelasnya.

Setelah pembukaan Penjabat Bupati Buton, La Ode Mustari, didampingi oleh penjabat Ketua PKK Kabupaten Buton, Andi Asnawati meninjau langsung stand pasar murah. (B)

Penulis: Febriyani

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga