Harga Telur Naik Signifikan di Kota Baubau

Elfinasari, telisik indonesia
Senin, 29 Mei 2023
0 dilihat
Harga Telur Naik Signifikan di Kota Baubau
Harga telur naik signifikan di Kota Baubau. Foto: Elfinasari/Telisik

" Harga telur di pasar Kota Baubau naik siginifikan sejak tiga pekan terakhir, harganya mencapai Rp 70.000 karena keterbatasan peternak telur dan mahalnya pakan ternak "

BAUBAU, TELISIK.ID - Harga telur di pasar Kota Baubau naik siginifikan sejak tiga pekan terakhir, harganya mencapai Rp 70.000 karena keterbatasan peternak telur dan mahalnya pakan ternak.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Baubau, La Ode Ali Hasan mengaku, harga telur ayam mengalami kenaikan hingga 10 persen, sejak tiga pekan terakhir.

Sudah beberapa pekan harga telur ayam terus melambung di atas Rp 60.000 per rak. Menurutnya faktor kenaikan harga telur ayam terjadi karena pasokan telur ayam dari peternak lokal sangat terbatas, sehingga tidak mencukupi kebutuhan daerah.

Baca Juga: Praktik Spesialis Kandungan Perempuan Pertama di Kota Baubau Mulai Beroperasi

Untuk pencukupi kebutuhan telur ayam, Kota Baubau mengandalkan pasokan dari luar Sulawesi Tenggara. Rata-rata pasokan telur ayam didatangkan dari Sulawesi Selatan dan  Surabaya.

“Kenaikan harga terjadi secara nasional, kita keterbatasan peternak telur untuk melayani seluruh kebutuhan masyarakat kota Baubau dan kabupaten sekitarnya,” ujarnya (29/5/2023).

Ia menambahkan peternak ayam di Baubau hanya dua unit, mahalnya pakan ternak membuat banyak pengusaha telur ayam gulung tikar.

“Kami sudah konfirmasi dengan pihak distributor telur Sulawesi Selatan dan memang keterbatasan stok telur, banyak yang tidak beternak karena mahalnya pakan, tetapi kalau harga telur murah para peternak takut memulai usaha lagi jangan sampai rugi, jadi kemungkinan harga telur akan seperti ini dan paling kalau turun juga sedikit,” tuturnya.

Untuk mencegah penimbunan di gudang distributor, Dinas Perdagangan terus melakukan pemantauan distribusi barang dan pasokan bahan pokok untuk menekan gejolak harga di pasar.

Berdasarkan pantauan Telisik.id, di Pasar Karya Nugraha Baubau, rata-rata harga telur ayam berkisar Rp 65.000 dan ukuran jumbo Rp 70.000 per rak.

Baca Juga: Festival Marching Band Meriahkan Hardiknas di Kota Baubau

Menurut salah seorang penjual telur di Pasar Karya Nugraha Baubau, Aryan Laila, harga telur saat ini cukup naik, dulu untuk harga telur ukuran besar Rp 65.000 sementara minggu ini sudah capai Rp 70.000 untuk yang ukuran besar.

Ia menuturkan, penyebab kenaikan harga tersebut karena cuaca yang kurang bagus dan kebutuhan masyarakat meningkat.

Sementara salah seorang pembeli telur, Hiba mengungkapkan, harga telur sangat naik signifikan.

"Harganya mahal sekali kemarin-kemarin, padahal tidak sampai Rp 70.000," tuturnya. (A)

Penulis: Elfinasari

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga