Heboh Virus Corona, TKA Cina di Morosi Diawasi

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Selasa, 28 Januari 2020
0 dilihat
Heboh Virus Corona, TKA Cina di Morosi Diawasi
TKA Tiongkok, Cina Foto: Repro Google.com

" Kami sudah membuat posko kesehatan di Morosi, untuk memantau TKA yang baru datang. Kalau ada ditemukan, maka yg bersangkutan harus segera diisolasi. "

KENDARI, TELISIK.COM - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra melakukan pengawasan ketat terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) Tiongkok, yang ada  di Morosi Kabupaten Konawe terkait virus Corona yang belakangan ini telah menyebar di berbagai negara.

Baca Juga: Bupati Konawe: Jalur Laut Morosi Rawan Masuknya Pembawa Virus Corona

Kepala Dinkes Sultra, Andi Hasna mengatakan, belum lama ini pihaknya  sudah melakukan pemeriksaan terhadap TKA yang bekerja di Morosi sebanyak 724 orang.

Hasil dari  pemeriksaan tersebut, kata dia, pihaknya belum mendapatkan ada TKA yang terdereksi telah terjangkit virus yang kini dikawatirkan masyarakat dunia.

"Kami sudah membuat posko kesehatan di Morosi, untuk memantau TKA yang baru datang. Kalau ada ditemukan, maka yg bersangkutan harus segera diisolasi," katanya saat mengikuti rapat terkait pencegahan Virus Corona di Kantor DPRD Sultra, Selasa (28/1/2019).

Selain itu, Ia melanjutkan, meski belum ada terdeteksi tapi pihaknya terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti Rumah sakit Bahteramas, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan yang ada di Bandara Halu Oleo.

"Kami juga sudah melakukan  koordinasi dengan pihak terkait. Karena kami di Dinkes ini tupoksinya adalah melakukan pencegahan dan menanggulangi," lanjutnya.

Ia juga bergarap agar masyarakat tidak menyebarkan berita-berita hoaks yang dapat menimbulkan kecemasan di tengah masyarakat, seperti berita hoaks yang menyebut virus ini sudah menjangkiti masyarakat.

Baca Juga: IAIN Kendari Buka Pendaftaran Maba Tiga Jalur

"Kami mengimbau masyarakat agar bisa menjaga kesehatannya, karena disini kita membutuhkan antibodi yang kuat," harapnya.

Reporter: Fitrah Nugraha
Editor: Sumarlin

Artikel Terkait
Baca Juga