Hindari Konflik, Mahasiswa Baru Disarankan Tidak Salah Pilih Rumah Kos

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Rabu, 15 Februari 2023
0 dilihat
Hindari Konflik, Mahasiswa Baru Disarankan Tidak Salah Pilih Rumah Kos
Masyarakat setempat merekomendasikan mahasiswa baru untuk tinggal di rumah kos dengan keamanan yang terjamin, berlokasi dekat dengan kampus. Foto: Ahmad Jaelani/Telisik

" Dengan semakin banyaknya jumlah mahasiswa, kebutuhan akan tempat tinggal yang terjangkau dan dekat dengan kampus juga semakin meningkat "

KENDARI, TELISIK.ID - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menerima ribuan mahasiswa baru setiap tahunnya. Dengan semakin banyaknya jumlah mahasiswa, kebutuhan akan tempat tinggal yang terjangkau dan dekat dengan kampus juga semakin meningkat.

Namun, tinggal di dekat kampus bukanlah pilihan yang selalu aman bagi mahasiswa, terutama karena konflik yang sering terjadi di sekitar kampus.

Pengalaman konflik yang sering terjadi di sekitar kampus antara pemuda dan remaja akibat masalah miras dan konflik berkepanjangan, seringkali meresahkan mahasiswa yang tinggal di daerah tersebut.

Untuk itu, warga dan para tokoh masyarakat setempat merekomendasikan mahasiswa baru untuk tinggal di rumah kos dengan keamanan yang terjamin, berlokasi dekat dengan kampus.

"Kami telah melihat banyak masalah yang terjadi di sekitar kampus, termasuk perkelahian, tawuran, dan kekacauan yang melibatkan pemuda dan remaja," kata Ketua RT 10, RW 03 Kelurahan Lalolara, Kecamatan Kambu, Mursalin, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga: Penggunaan Case HP dapat Lindungi Perangkat Anda

Ia mengaku sangat prihatin dengan keamanan para mahasiswa, dan mengimbau agar mereka mempertimbangkan untuk tinggal di tempat yang lebih aman dan nyaman.

Salah satu contoh rumah kos yang dianjurkan, Asrama Ratu Sima, Asrama Putri, Asrama Harapan, dan asrama lain yang memiliki pagar besi yang tinggi dan ada CCTV. Lokasinya hanya 5 menit sampai 10 menit berjalan kaki dari kampus.

Selain lokasinya yang strategis, rumah kos terpadu ini juga menawarkan fasilitas yang lengkap, seperti akses internet cepat, ruang belajar, dan area parkir yang aman terutama CCTV.

"Kami memahami kekhawatiran mahasiswa tentang keamanan dan kenyamanan," kata pemilik Asrama Putri, Zahariya (45).

Baca Juga: Kepala Kebun Raya Kendari Bantah Tarif Retribusi Mahal

Dia mengatakan, ingin memberikan pilihan tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi mahasiswa baru yang membutuhkan. Namun, mahasiswa baru juga perlu berperan aktif dalam menjaga keamanan diri sendiri dan memilih tempat tinggal yang aman.

Sementara salah satu warga setempat, Arul (27), mengingatkan mahasiswa baru untuk tidak menerima tamu di atas pukul 11 malam. Dikhawatirkan akan menimbulkan prasangka negatif bagi para warga.

Bagi mahasiswa baru yang mencari tempat tinggal yang aman dan nyaman di dekat kampus, rumah kos terpadu seperti yang sudah disebutkan di atas dapat menjadi pilihan yang tepat. (A)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga