Indonesia Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit untuk Palestina

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Selasa, 07 November 2023
0 dilihat
Indonesia Bakal Kirim Kapal Rumah Sakit untuk Palestina
Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan dan dukungannya pada Palestina. Foto: Repro Kompas.com

" Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, akan mengirimkan kapal rumah sakit ke Palestina untuk membantu para korban perang di wilayah Gaza "

JAKARTA, TELISIK.ID - Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, akan mengirimkan kapal rumah sakit ke Palestina untuk membantu para korban perang di wilayah Gaza.

Untuk merealisasikan pengiriman kapal rumah sakit ke Palestina, Prabowo mengatakan bahwa pihaknya perlu berkoordinasi dahulu dengan pihak-pihak terkait, terutama dengan Pemerintah Mesir ihwal perizinannya.

“Begitu Mesir izinkan, kita akan kirim (kapal rumah sakit),” ujar Prabowo.

“TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit untuk stand by di sana dan memberikan bantuan,” katanya.

Prabowo juga menyatakan, Indonesia akan menyiapkan rumah sakit (RS) TNI untuk memberikan bantuan medis bagi para korban perang.

Baca Juga: Aksi Bela Palestina Sampaikan Enam Tuntutan, Anies Diteriaki Presiden Sebelum Orasi

"Saya sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina,” kata Prabowo dikutip dari Republika.id.

Sementara itu Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al-Shun, mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan dan dukungan selama konflik di Jalur Gaza memanas. Hal itu disampaikan Zuhair Al-Shun usai menemui Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2023) seperti dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: MUI Ingatkan Bantuan untuk Palestina Disalurkan Lewat Lembaga Resmi

"Dan apa yang telah diperbuat oleh warga Indonesia sudah lebih dari yang kami harapkan. Besok sejumlah warga kami akan dikirim untuk belajar di Universitas Pertahanan RI. Ini adalah bantuan yang sangat signifikan,” kata Zuhair kepada awak media. Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Zuhair juga membahas situasi terkini di Jalur Gaza dan sekitarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Republik Indonesia mengirim 51,5 ton bantuan untuk rakyat Palestina yang terjebak perang di Gaza. Bantuan gelombang pertama yang dikirim melalui udara dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023) ini direncanakan tiba di Mesir pada 6 November 2023.

Bantuan yang dikirim berupa makanan, obat-obatan, dan peralatan medis dengan menggunakan dua unit pesawat Hercules milik TNI dan satu unit pesawat Polri. Pesawat Hercules telah diberangkatkan, sementara pesawat Polri akan bertolak ke Mesir pada Minggu (5/11/2023). (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga