Indonesia Target Jawara Ekonomi Syariah Dunia

Marwan Azis, telisik indonesia
Jumat, 06 November 2020
0 dilihat
Indonesia Target Jawara Ekonomi Syariah Dunia
Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin. Foto: Ist.

" Istilahnya pendekatan yang dilakukan adalah bottom up. Sehingga, perkembangan market sharenya terasa lambat dan kurang progresif. Dengan kuatnya keterlibatan pemerintah diharapkan bisa semakin mempercepat pertumbuhan dan penguatan ekonomi syariah di Indonesia. "

JAKARTA, TELISIK.ID - Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin, menyatakan Pemerintah saat ini serius mengembangkan ekonomi syariah.

Pemerintah bahkan ingin agar Indonesia menjadi jawara ekonomi syariah dunia.

Menurut Ma'ruf Amin, apa yang dilakukan pemerintah ini merupakan era baru dalam mendorong ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Selama ini swasta dan masyarakat yang lebih dominan terlibat dalam menumbuhkembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

“Istilahnya pendekatan yang dilakukan adalah bottom up. Sehingga, perkembangan market sharenya terasa lambat dan kurang progresif. Dengan kuatnya keterlibatan pemerintah diharapkan bisa semakin mempercepat pertumbuhan dan penguatan ekonomi syariah di Indonesia," paparnya saat membuka Ijtima Tsanawi Dewan Syariah Nasional MUI 2020 secara virtual, Jumat (6/10/2020).

Dia mengatakan, pemerintah selama ini juga sudah membuat beberapa bukti dukungan dalam mendorong semakin maju dan kuatnya ekonomi syariah di Indonesia.

Misalnya dengan adanya penguatan BMW, BMT, LKMS maupun Koperasi Syariah. Terbaru, kata dia, pemerintah juga merencanakan melakukan merger tiga bank menjadi Himbara.

Baca juga: MUI Ajak Umat Tak Terpancing Siasat Islamofobia Negara Barat

Ke depan, di internal pemerintah terutama di Kementerian/Lembaga terkait akan ada direktorat khusus halal atau syariah. Sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan yang lebih cepat.

"Pemerintah juga menyiapkan ekosistem di bidang produk halal, social fund dan bisnis syariah. Semua itu menjadi bukti komitmen kuat Pemerintah dalam mendorong semakin maju dan kuatnya ekonomi syariah di Indonesia," ucapnya.  

Semangat baru pemerintah ini, menurut Kiai Ma'ruf, sejalan dengan tujuan memperbaiki ekonomi nasional setelah terdampak COVID-19.

Ekonomi dan keuangan syariah yang berkembang dengan baik maka akan membantu pemerintah memecahkan berbagai permasalahan ekonomi dan sosial, seperti kemiskinan dan ketimpangan ekonomi.

Sejak COVID-19 melanda, kemiskinan semakin meningkat dan jurang ketimpangan ekonomi juga semakin menganga.

"Karena sebagian besar masyarakat miskin berasal dari kalangan umat, saya berpandangan bahwa pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dapat meningkatkan keterlibatan umat dalam kegiatan ekonomi. Sehingga ini akan mendorong umat untuk keluar dari jeratan kemiskinan melalui kekuatannya sendiri," tandasnya. (C)

Reporter: Marwan Azis

Editor: Fitrah Nugraha

TAG:
Baca Juga