Ini 5 Kampus di Malaysia Jadi Tujuan Kuliah Mahasiswa Indonesia

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 27 Maret 2022
0 dilihat
Ini 5 Kampus di Malaysia Jadi Tujuan Kuliah Mahasiswa Indonesia
Menara kembar atau Twin Tower di Malaysia. Foto: Repro cnbcindonesia.com

" Salah satu negara terbaik untuk mengenyam pendidikan tinggi adalah Malaysia, karena cukup mudah mendapatkan visa tinggal di negara ini "

JAKARTA, TELISIK.ID - Salah satu negara terbaik untuk mengenyam pendidikan tinggi adalah Malaysia.

Melansir okezone.com, di negara yang bertetangga dengan Indonesia ini, mendapatkan visa tinggal cukup mudah dan banyak penduduk yang berbahasa Inggris, sehingga banyak universitas asing yang memiliki cabang di Malaysia.

Tidak hanya itu, biaya pendidikan dan tinggal di Malaysia juga cukup murah.

Dilansir dari QS Top Universities, anggaran untuk rata-rata siswa internasional sekitar 14.400 ringgit atau setara dengan USD3.440-4.600, sudah termasuk makanan, perjalanan, dan akomodasi.

Kota Kuala Lumpur dinobatkan sebagai kota paling terjangkau di dunia selama dua tahun berturut-turut.

Jika ingin kuliah di Malaysia, berikut ini adalah beberapa kampus yang bisa menjadi tujuan, berdasarkan ranking Times Higher Education:

1. Universiti Malaya

University of Malaya atau Universiti Malaya atau bisa disingkat sebagai UM adalah universitas pertama yang didirikan di Malaysia. Tadinya, UM merupakan universitas yang terpisah yakni King Edward VII College of Medicine pada tahun 1905 dan Raffles College pada 1929.

Setelah keduanya disatukan, maka dibangunlah UM pada 8 Oktober 1949. Universitas yang berada di Kuala Lumpur ini memiliki 10.000 mahasiswa dengan 2.500 mahasiswa internasional dari 80 negara.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Lulusan SMA Dapat Pekerjaan, Nomor 4 Paling Penting

Universiti Malaya memiliki beberapa fakultas, yakni Fakultas Lingkungan Bangunan, Fakultas Bahasa dan Linguistik, Farmasi, Fakultas Kedokteran Sains, dan lainnya.

2. Universiti Teknologi Petronas

Universitas yang dikenal dengan singkatan UTP ini didirikan pada 1997 dan menjadi universitas swasta terkenal di Malaysia.

Menjadi satu-satunya universitas swasta yang mendapatkan peringkat bintang 5 di 2S StarsTM University Rating System, UTP merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Petronas, perusahaan minyak gas dan nasional Malaysia.

UTP juga mendapat peringkat 501 – 600 di World University Ranking 2022 dan urutan ke 111 di Asia University Rankings 2021. Kampus ini dibangun di atas lahan seluas 400 hektare, berlokasi di Bandar Seri Iskandar, Perak Darul Ridzuan, Malaysia.

Sejauh ini, UTP melakukan banyak penelitian bersama Petronas maupun lembaga dan industri lainnya. Fakultas yang tersedia di Universiti Teknologi Petronas ini antara lain Fakultas Sains Murni dan Terapan, Fakultas Bisnis Manajemen, dan Fakultas Teknik.

3. Universiti Kebangsaan Malaysia

Awalnya, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) memiliki 192 mahasiswa, 78 staf, dan tiga fakultas saja. Sekarang sudah berkembang pesat dan menjadi universitas yang diakui sebagai universitas riset paling diminati mahasiswa seluruh dunia.

Saat ini UKM telah memiliki 117.075 sarjana. UKM mendapatkan peringkat ke-144 dalam list Universitas Terbaik di Dunia versi QS dan peringkat ke-304 – 400 dalam World University Rankings tahun 2022. UKM berlokasi di Bangi, Selangor Darul Ehsan dan berada di atas lahan seluas 1.096.29 hektare.

Baca Juga: Jurnalis Telisik.id Ajarkan Cara Mudah Menulis Buku di Kampus UMK

Jaraknya sekitar 35 km dari Kuala Lumpur. UKM memiliki beberapa fakultas, seperti Fakultas Akuntasi dan Keuangan, Fakultas Sains Murni dan Terapan, Fakultas Arsitektur, dan masih banyak lagi. UKM juga menyediakan beasiswa bagi program S2 dan S3.

4. Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia (UPM) didirikan pada 1931. Menjadi salah satu universitas tertua dan diminati, UPM berlokasi di Serdang, Selangor, dengan dua kampus cabang di Bintulu dan Mengabang Telipot. Universitas ini berbasis pertanian, memiliki kurang lebih 28.000 mahasiswa lokal dan 5.000 mahasiswa asing dari 80 negara.

Universitas ini menduduki posisi ke-80 dalam World Rankings University 2021 versi QS untuk jurusan Pertanian dan Kehutanan, dan peringkat ke 201-300 versi Times Higher Education.

UPM sendiri memiliki beberapa fakultas seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Pangan, Fakultas Bisnis Manajemen, Fakultas Bioteknologi dan Biomekular, dan lain-lain. (C)

Reporter: Fitrah Nugraha

Editor: Haerani Hambali

Baca Juga