Kuota Penerima KIP Kuliah UHO Masih Tunggu Penetapan Kemendikbudristek

Wa Ode Ria Ika Hasana, telisik indonesia
Minggu, 30 April 2023
0 dilihat
Kuota Penerima KIP Kuliah UHO Masih Tunggu Penetapan Kemendikbudristek
Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah diharapkan tepat sasaran, yaitu mahasiswa UHO yang benar-benar tidak mampu. Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/Telisik

" Jumlah kuota mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di UHO masih menunggu penetapan dari Kemendikbudristek "

KENDARI, TELISIK.ID - Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan bantuan pendidikan yang diberikan pemerintah kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Bantuan ini berlaku bagi mereka yang lolos melalui jalur SNBP, SNBT, dan Ujian Mandiri di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Di Universitas Halu Oleo (UHO), jumlah kuota mahasiswa penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah masih menunggu penetapan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Rektor UHO, Muhammad Zamrun Firihu mengatakan, untuk jumlah penerima KIP UHO masih menunggu berapa kuota yang ditetapkan oleh Kemendikbudristek yang biasanya akan keluar di bulan Juli atau Agustus.

"Setelah kuota KIP ditetapkan, maka para pendaftar akan langsung diseleksi kembali. Artinya kita berikan kepada mahasiswa yang betul-betul miskin atau membutuhkan. Jadi kita akan seleksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.

Baca Juga: Begini Cara Daftar KIP Kuliah 2023

Melihat dari pengalaman tahun sebelumnya, biasanya pemerintah memberikan kuota 1.700, walaupun jumlah pendaftar jauh lebih banyak dari kuota yakni 4.000 peserta.

Ia menambahkan, pihaknya akan melakukan seleksi sesuai dengan aturan yang berlaku. Ini bertujuan agar penerima KIP tepat sasaran sehingga diketahui layak dan tidaknya maba itu menerima beasiswa KIP.

Baca Juga: Anggota DPR-RI Berikan KIP Kuliah Bagi Mahasiswa STIE 66 Kendari

Salah seorang calon mahasiswa UHO yang juga mendaftar pada program KIP Kuliah, Putri Ayu Wardani, berharap bisa lulus KIP Kuliah agar beban orang tua lebih ringan dalam membiayai kuliahnya.

"Saya rasa layak bisa mendapatkan KIP Kuliah karena saya dari keluarga yang kurang mampu, jadi saya sangat berharap bisa lulus KIP Kuliah," ujar Putri. (B)

Penulis: Wa Ode Ria Ika Hasana

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga