Ini Bocoron Spesifikasi iPhone 15 Series

Wa Ode Fatima Azzahra, telisik indonesia
Selasa, 07 Maret 2023
0 dilihat
Ini Bocoron Spesifikasi iPhone 15 Series
iPhone 15 pro yang akan dirilis pada bulan September dengan spesifikasi yang lebih sempurna. Foto: Repro Gizmologi.id

" iPhone 15 Series disebut akan membawa beberapa perubahan dari generasi sebelumnya "

KENDARI, TELISIK.ID – iPhone adalah salah satu merek ponsel pintar (smartphone) yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Apple Inc.

iPhone pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 dan pada tahun 2023 akan diluncurkan series terbaru yakni iPhone 15 pro.

Melansir urbandigital.id iPhone memang merupakan salah satu merek hp terbaik. Walau sering mendapat cap smartphone premium dan seringkali dinilai terlalu mahal, ponsel buatan Apple ini tetap memiliki fans berat. Bahkan terus bertambah tiap tahunnya.

Karena itulah tidak sedikit orang yang antusias ketika memasuki tahun yang baru. Inilah saatnya banyak rumor dan bocoran iPhone baru beredar. Dari situ, mereka bisa membayangkan apakah iPhone berikutnya memang bagus dan pantas dibeli.

iPhone 15 Series disebut akan membawa beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. iPhone 14 Series juga sudah membawa beberapa perubahan seperti dihapusnya versi Mini dan hadirnya lubang kamera di layar untuk versi Pro dan Pro Max.

Nah, berikut ini rumor dan bocoran iPhone 15 Series.

Nama Seri/Model

Sebelum ini sempat beredar spekulasi dari Mark Gurman (Bloomberg) yang menyebutkan kalau nama “Pro max” akan berubah menjadi “Ultra” untuk model yang paling canggih.

Awalnya ia mengatakan kalau kemungkinan perubahan ini akan terjadi di tahun 2023. Namun kemudian ia merubah opininya dan menyebut versi “Ultra” akan hadir di tahun 2024.

Dynamic Island Hadir di Semua Model

Lubang kamera di layar beserta fitur Dynamic Island baru hadir di model iPhone 14 Pro dan Pro Max. Namun kabarnya, lubang kamera di layar dan Dynamic Island akan hadir di semua seri iPhone 15 Series.

Bocoran ini diperkuat oleh unknownz21 di Twitter, yang mengunggah foto model iPhone 15 standar yang memang memiliki lubang kamera di layar.

Frame Titanium untuk Versi Pro

Rumor lain yang beredar adalah mengenai bingkai (frame) bodi di model Pro Disebutkan bahwa iPhone 15 Pro dan Pro Max akan menggunakan frame bodi dari bahan titanium.

Selain itu, disebutkan pula bahwa bagian belakangnya akan memiliki lengkungan halus di bagian pinggir, tempat pertemuan dengan frame. Dengan begitu, diharapkan bisa memberikan rasa yang lebih premium.

iPhone 15 Memakai Colokan USB-C

Bocoran ini merupakan salah satu hal yang hampir pasti. Disebutkan bahwa iPhone 15 Series akan menggunakan colokan USB-C (atau USB type-C) yang menggantikan lightning.

Baxa Juga: Update Harga Iphone 13 dan 14 Januari 2023, Ada yang Turun Hingga Rp 2 Juta

Kenapa hampir pasti? Karena standar colokan USB-C untuk perangkat elektronik sudah ditetapkan oleh parlemen Eropa. Menyusul keputusan itu, Greg Jozwiak sudah memberi konfirmasi kalau Apple akan mematuhinya.

Hal ini kemudian dikuatkan oleh foto bocoran iPhone 15 yang sudah memakai colokan USB-C dari unknownz21 di Twitter.

Sertifikasi MFI (Update 28/2/2023)

Rumor baru yang muncul menyebutkan kalau Apple akan menerapkan program sertifikasi Made for iPhone (MFI) untuk aksesori USB-C iPhone 15. Rumor yang aslinya datang dari China ini kemudian diperkuat oleh akun @ShrimpApplePro.

Hal ini disebutkan bertujuan agar konsumen memilih membeli aksesori resmi. Apple sendiri akan menerima komisi dari sertifikasi MFI tersebut. Kemudian, rumor itu juga menyebutkan kalau aksesori USB-C tidak resmi akan memiliki keterbatasan dalam kecepatan transfer data atau pengisian daya.

Kamera Periskop di Model Pro

Teknologi kamera selalu jadi perbincangan setiap smartphone baru akan rilis. Begitu pun dengan iPhone 15. Rumor menyebutkan kalau tahun ini Apple akan mengadaptasi sistem kamera periskop.

Dugaan ini hadir dari Ming-Chi Kuo. Dalam analisanya, ia menduga bahwa sistem kamera periskop akan hadir secara eksklusif di model iPhone 15 Pro Max untuk fungsi zoom yang lebih baik. Sementara iPhone 15 Pro akan memanfaatkan kamera telefoto untuk melakukan zoom.

Memakai Sensor Kamera Terbaru Sony

iPhone 14 Pro dan Pro Max mendapat pembaruan dari sisi kamera. Kedua seri Pro itu kini menggunakan kamera 48MP yang didukung oleh pengolahan gambar photonic engine. Kelihatannya generasi iPhone berikutnya akan lebih baik lagi.

Bocoran iPhone 15 lain menyebutkan kalau Apple akan menggunakan sensor kamera terbaru dari Sony. Berdasarkan laporan Nikkei Asia, sensor kamera Sony ini memiliki teknologi dengan sinyal saturasi warna lebih tinggi.

Teknologi itu memungkinkan kamera menangkap cahaya lebih baik dalam kondisi cahaya rendah atau terlalu tinggi. Misalnya ketika memotret orang dengan cahaya yang datang dari belakangnya.

Namun, belum ada informasi apakah sensor ini akan dipakai di semua seri iPhone 15 atau hanya tipe tertentu saja.

Touch ID Belum Akan Kembali

Sudah dalam beberapa tahun belakangan tersiar kabar kalau Apple mengembangkan sensor sidik jari di layar. Jika terwujud, tentunya hal ini akan menjadi kelengkapan bagus yang menemani Face ID. Seperti kita ketahui, pengenalan wajah Face ID menghadapi tantangan di era pandemi ketika semua orang memakai masker.

Baxa Juga: Segera Masuk Indonesia, Ini Rincian Harga iPhone 14

Namun sayangnya, Mark Gurman menganalisa bahwa Touch ID belum akan kembali. Paling tidak dalam waktu dekat ini.

iPhone Tanpa Tombol

Ini adalah bocoran iPhone 15 yang paling liar. Rumor menyebutkan kalau Apple sedang mempersiapkan iPhone tanpa tombol fisik. Kabar ini datang dari Ming-chi Kuo melalui analisanya.

Memang, sebelum ini sudah ada beberapa paten yang diajukan Apple untuk menerapkan teknologi itu. Ming-chi Kuo bahkan menyebutkan kalau Cirus Logic akan menjadi pemasok salah satu komponen tombol solid state yang memanfaatkan taptic engine itu.

Warna iPhone 15

Dikutip dari msn.com iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang dirumorkan akan dirilis pada akhir tahun 2023 ini akan tersedia dalam versi dark red yang eksklusif. Hal tersebut dilakukan Apple diduga untuk menarik konsumen lantaran memilki warna yang sangat menonjol dan eksklusif.

Selain itu, untuk iPhone 15 standar dan iPhone 15 plus dikabarkan ada dua pilihan warna yang sedang dalam pengujian yaitu biru muda atau light blue (#0DB1E2) dan merah muda atau pink, (kode hex #CE3B6C).

Namun, warna tersebut hanya sekedar rumor, sebab hingga kini belum ada penjelasan resmi dari pihak Apple.

Tanggal Rilis iPhone 15 Series

Sejauh ini memang belum ada rumor atau bocoran soal kapan iPhone 15 Series akan meluncur. Namun, jika sesuai dengan tradisi sebelumnya, maka tanggal rilis iPhone 15 Series kemungkinan besar akan jatuh di bulan Septermber. (C)

Penulis: Wa Ode Fatima Azzahra

Editor: Haerani Hambali 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga