Ini Jawaban KASN Soal Dugaan Kecurangan Sekda Busel

Deni Djohan, telisik indonesia
Kamis, 31 Maret 2022
0 dilihat
Ini Jawaban KASN Soal Dugaan Kecurangan Sekda Busel
Pelapor La Ode Budi ketika berpose bersama mantan Calon Gubernur DKI Jakarta, Jarot Foto: Ist

" KASN telah menjawab surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) terkait penjelasan soal dugaan kecurangan seleksi terbuka Sekda Buton Selatan (Busel) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah menjawab surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) terkait penjelasan soal dugaan kecurangan seleksi terbuka Sekda Buton Selatan (Busel).

Pada surat Nomor: B-950/JP.01/03/2022 yang ditandatangani langsung ketua KASN, Agus Pramusinto, secara elektronik tertanggal 11 Maret 2022 terdapat empat poin penjelasan. Di mana pada poin pertama terkait ucapan rasa terimakasih KASN terhadap KemenpanRB yang memberi perhatian terkait jalannya seleksi Sekda di Busel.

Sehubungan dengan laporan La Ode Budi, lanjut poin dua, KASN telah melakukan verifikasi sebagaimana yang tertuang pada SOP dan peraturan perundang-undangan tentang, apakah laporan pelapor dapat dilanjutkan atau tidak.

"Namun ternyata Pansel telah menjalankan seleksi dengan benar," tulis Agus Pramusinto.

Sebelumnya, lanjut poin tiga, KASN telah memberikan jawaban kepada pelapor yang merupakan jawaban atas laporan yang bersangkutan terkait hal yang sama dalam surat Nomor: B-243/KASN/01/2022 tanggal 19 Januari 2022.

Baca Juga: Seleksi Sekda Busel Terus Berpolemik, La Ode Budi: Titipan Gubernur Sangat Aneh

Sehubungan dengan data-data yang diperoleh, baik dari pelapor maupun terlapor, KASN belum menemukan alasan yang kuat untuk membatalkan seleksi Sekda Busel tersebut.

"Maka, KASN mengeluarkan rekomendasi hasil seleksi terbuka jabatan Sekda Busel Nomor: B-369/KASN/01/2022 tertanggal 28 Januari 2022," tutup surat tersebut.

Sementara itu, pelapor, La Ode Budi mengaku, bila jawaban KASN terhadap laporanya tersebut tidak subtansi dengan materi dalam aduan. Pasalnya, tak ada rincian penjelasan KASN terkait poin dugaan pelanggaran pada seleksi jendral ASN Busel itu.

Baca Juga: Diduga Preman Hentikan Paksa Demo Soal Sekda Busel

"Harusnya dijelaskan bahwa sesuai dengan pasal ini para calon sudah memenuhi standar atau layak mencalonkan diri. Tapi kan tidak ada penjelasan itu," terang La Ode Budi.

Kendati begitu, dirinya tak akan berhenti dalam mencari kebenaran terkait dugaan kecurangan tersebut. Faktanya, dalam waktu dekat dirinya akan bertemu dengan pihak terkait guna membahas hal serupa.

"Jumat besok saya akan melaksanakan pertemuan dengan KemenpanRB. Saya yakin, kita berada di jalur yang benar," bebernya. (B)

Reporter: Deni Djohan

Editor: Kardin

Baca Juga