Ini Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Dijanjikan Allah SWT

Ibnu Sina Ali Hakim, telisik indonesia
Rabu, 21 April 2021
0 dilihat
Ini Keistimewaan Malam Lailatul Qadar yang Dijanjikan Allah SWT
Ilustrasi malam lailatul qadar. Foto: Repro Liputan6

" Lailatul Qadar bahkan difirmankan oleh Allah SWT menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. "

KENDARI, TELISIK.ID - Malam Lailatur Qadar merupakan malam yang diharapkan kehadirannya oleh umat Islam. Malam penuh berkah ini diriwayatkan datang pada 10 malam terakhir Ramadan.

Lailatul Qadar jatuh pada salah satu malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Lailatul Qadar bahkan difirmankan oleh Allah SWT menjadi malam yang lebih baik dari seribu bulan. Jika dihitung, malam seribu bulan berarti lebih baik daripada 83 tahun 4 bulan.

Berikut keistimewaan malam lailatul qadar dilansir Suara.com jaringan Telisik.id.

1. Lebih Baik dari Amalan Seribu Bulan

Amalan-amalan yang dilakukan pada malam lailatul qadar lebih baik daripada amalan-amalan yang dilakukan dalam seribu bulan. Sebagaimana firman Allah dalam QS Al Qadar ayat 3, “malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

2. Malam Penuh Berkah

Malam lailatul qadar adalah malam yang dipenuhi keberkahan di dalamnya. Dalam surat Ad-Dukhan ayat ketiga dijelaskan bahwa "Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberikan peringatan."

Baca juga: Ustaz Adi Hidayat: Tidurnya Orang Puasa Adalah Ibadah, Itu Hadis Palsu

3. Turunnya Malaikat ke Bumi

Pada malam lailatul qadar, malaikat turun ke bumi. Turunnya malaikat ke bumi menandakan turunnya berkah dan rahmat.

Sebagaimana malaikat turun ketika ada yang membacakan Al-Qur'an, mereka akan mengitari orang-orang yang berada dalam majelis zikir-yaitu majelis ilmu-. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka.

4. Penuh Keselamatan

Malam lailatul qadar penuh keselamatan dan setan diikat oleh Allah. Dalam surat Al-Qadar ayat kelima dijelaskan bahwa malam lailatul qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

5. Penulisan Takdir dalam Setahun di Lauhul Mahfuzh

Pada malam lailatul qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki, serta akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun.

6. Allah Mengampuni Dosa Masa Lalu

Allah akan mengampuni segala dosa bagi umat muslim yang menghidupkan malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Hadis Bukhari dan Muslim menjelaskan barangsiapa melaksanakan salat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

Itulah sederet keistimewaan malam lailatul qadar yang perlu diketahui. (C)

Reporter: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga