Ini Pesan Pj Bupati di Musyawarah APDESI Cabang Kolaka Utara ke-3

Muh. Risal H, telisik indonesia
Senin, 30 Oktober 2023
0 dilihat
Ini Pesan Pj Bupati di Musyawarah APDESI Cabang Kolaka Utara ke-3
Kadis PMD, Patehuddin menyampaikan pesan Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding, dalam Muscab ke-3 APDESI Cabang Kolaka Utara. Foto: Muh Risal H/Telisik

" Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cabang Kolaka Utara resmi menggelar musyawarah ke-3 di Aula Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara "

KOLAKA UTARA, TELISIK.ID - Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Cabang Kolaka Utara resmi menggelar musyawarah ke-3 di Aula Kelurahan Lapai, Kecamatan Ngapa, Kolaka Utara.

Musyawarah digelar untuk mengisi kekosongan kepemimpinan dan kepengurusan pasca berakhirnya masa jabatan kepengurusan lama priode 2017-2023 yang dinakhodai mantan Kepala Desa Patowonua, Musliadi.

Pada momen ini, Penjabat Bupati Kolaka Utara, Sukanto Toding melalui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kolaka Utara, Patehuddin, berpesan kepada para kepala desa (kades) yang hadir agar dalam menjalankan tugas pemerintahan senantiasa berpegang teguh pada aturan perundangan-undangan yang berlaku.

Baca Juga: El Nino Tak Berdampak pada Produksi Padi Kolaka Utara

"Ini penting agar para kepala desa  terhindar dari jeratan hukum akibat ketidaktahuan dalam menjalankan tugas," terangnya.

Selain itu, Sukanto Toding menekankan, realisasi tujuh isu prioritas penggunaan Dana Desa (DD) tahun 2024 bagi pemerintah desa mencangkup pengentasan kemiskinan ekstrem,  intervensi percepatan eliminasi TBC.

Ketahanan pangan nabati dan hewani, pencegahan narkoba, penurunan stunting, dana oeperasional pemerintah desa, dan optimalisasi pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional.

Terkait Musyawarah ABDESI ke-3, Pj bupati mengingat bahwa APDESI adalah organisasi independen tempat berhimpunnya para kepala desa tidak berpihak kepada siapapun. Untuk itu, ia mengajak pengurus APDESI terpilih turut serta mengawal dan mensukseskan Pemilihan Umum tahun 2024 nanti.

"Kami berpesan saudara yang terpilih menjadi pengurus APDESI Cabang Kolaka Utara memiliki kompetensi dan mampu mewadahi seluruh kepala desa yang ada di Kolaka Utara," harapnya.

Diketahui, Musyawarah APDESI Cabang Kolaka Utara ke-3 digelar Minggu (29/10/2023). Agenda lima tahunan ini diikuti 96 kepala desa dari 127 desa yang ada di Kolaka Utara. Meski tidak dihadiri sepenuhnya oleh pemerintah desa, Ketua Panitia Musyawarah, Syamsulbahri (Kades Watumotaha), menganggap kegiatan ini kuorum dan hasilnya sah.

"Kades yang hadir sekitar 96 orang dan yang berhak memilih ketua APDESI hanya kepala desa, tidak dapat diwakili," ujarnya.

Tiga kades pada momen musyawarah ke-3 ini, memperebutkan posisi Ketua DPC APDESI Kolaka Utara, yakni kepala Desa Ponggiha Kecamatan Lasusua, Suyadi, Kades Latawaro, Kecamatan Lambai, Tasmir, serta Kades Lambuno Kecamatan Katoi, Masykuri.

"Hasilnya dimenangkan Kepala Desa Lambuno, Masykuri, dengan perolehan 50 suara. Disusul Kades Lambai Kasmir 33 suara dan Kades Ponggiha Suyadi 7 suara," kata Iccang sapaan akrab Kades Watumotaha.

Baca Juga: Temui Satker Balai Jalan Nasional Sulawesi Tenggara, Komisi III DPRD Kolaka Utara Adukan PT SSMB

Iccang berharap, pengurus APDESI Cabang Kolaka Utara masa kerja 2023-2028, lebih profesional, semangat dalam bekerja dan mampu mewadahi 127 kepala desa serta mendorong peningkatan kualitas kinerja pemerintah desa kedepan.

Sementara itu, Ketua Devisioner DPC Kolaka Utara tiga periode, Musliadi menyataka, hasil musyawarah APDESI Cabang Kolaka Utara sah dan dapat dipertanggungjawabkan ke pengurus DPD APDESI Sulawesi Tenggara.

"Selanjutnya hasil Muscab ke-3 ini akan diteruskan ke pengurus DPD APDESI Sulawesi Tenggara dalam waktu dekat," tegasnya. (A-info)

Penulis: Muh Risal H

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga