Ini Segudang Manfaat Habbatussauda

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Minggu, 18 Juni 2023
0 dilihat
Ini Segudang Manfaat Habbatussauda
Habbatussauda memiliki nama lain jintan hitam. Tanaman ini sering dipakai untuk pengobatan tradisional. Foto: Repro Shopee

" Habbatussauda memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk menjaga sistem imun, stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat penyembuhan luka "

KENDARI, TELISIK.ID - Nigella sativa atau habbatussauda adalah tanaman yang tumbuh di Asia Barat, Timur Tengah, Eropa Selatan, dan Afrika Utara. Tumbuhan semak ini menghasilkan buah berbentuk biji hitam kecil bernama habbatussauda.

Di Indonesia, habbatussauda memiliki nama lain jintan hitam. Olahan tanaman ini menghasilkan ekstrak minyak untuk pengobatan tradisional. Jika mengoleskannya, bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut. 

Mengutip Kompas com, habbatussauda dipercaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan termasuk menjaga sistem imun, stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Menurut Pharmacist dan Medical Pharmacologist, apt. Victor S. Ringoringo, habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki cakupan manfaat yang luas terhadap kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

"Bahan-bahan herbal dan alami merupakan bagian dari pengobatan tradisional yang telah berkembang sejak lama di Indonesia."

Dilansir dari Halodoc.com, habbatussauda termasuk ke dalam jenis tanaman herbal sebagai obat herbal sejak dulu kala. Khasiatnya berasal dari kandungan mineral dan vitamin di dalamnya, termasuk kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, seng, tembaga, niasin, fosfor dan asam folat.

Habbatussauda juga memiliki peran dalam membantu menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension juga melaporkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak habbatussauda secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.

Baca Juga: Habbatussauda Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi, Ini Manfaatnya

Sementara untuk mereka yang memiliki masalah dalam sistem pencernaan, habbatussauda juga dapat menjadi solusi yang lebih alami. Kata Victor, minyak atsiri yang terkandung dalam habbatussauda dapat memperbaiki gangguan dalam sistem pencernaan.

Manfaat habbatussauda:

1. Membantu menurunkan gejala asma

Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan di saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot di area tersebut, sehingga membuat pengidapnya kesulitan bernapas.

Gejala tersebut bisa diatasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi di dalamnya bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot di saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

2. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah yang tinggi menjadi pemicu penyakit kronis. Jika tidak terkontrol dengan baik, penyakit ini dapat memicu komplikasi, seperti penyakit ginjal, gangguan mata, hingga stroke.

Selain menggunakan pengobatan utama, kamu bisa mengonsumsi suplemen jintan hitam untuk mengontrol kadar gula darah. Namun, pastikan untuk mendiskusikannya dengan dokter sebelum memakainya.

Mengatasi peradangan tubuh

Sifat antiinflamasi pada jintan hitam efektif membantu mengatasi peradangan yang ada di dalam tubuh. Jika tidak teratasi dengan baik, gangguan berpotensi memicu sakit kronis, seperti diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

4. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan antioksidan dalam habbatussauda mampu menjaga kesehatan rambut lebih optimal. Selain menyehatkan, tanaman herbal ini juga bisa membuat rambut lebih kuat, bersinar, dan lebih lebat.

Untuk mendapatkan khasiat itu, kamu bisa menggunakan minyak habbatussauda sebagai masker rambut alami. Kamu juga bisa menambahkan minyak kelapa agar kesehatan rambut semakin optimal.

5. Melawan kanker

Dilansir dari Kontan.co.id, manfaat habbatussauda berikutnya yakni kaya akan antioksidan yang membantu menetralisir radikal bebas berbahaya yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit seperti kanker.

Sebuah penelitian telah menemukan beberapa efek anti-kanker dari khasiat habbatussauda. Ditemukan bahwa senyawa thymoquinone dalam manfaat habbatussauda mematikan kanker dalam darah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak habbatussauda membantu menonaktifkan sel kanker payudara.

6. Melindungi fungsi hati

Hati adalah organ yang sangat penting. Hati berfungsi menghilangkan racun, memetabolisme obat-obatan, memproses nutrisi dan menghasilkan protein dan bahan kimia yang sangat penting untuk kesehatan.

Baca Juga: 8 Sayuran Ini Lebih Sehat Dikonsumsi Mentah

Beberapa penelitian pada hewan telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda dapat membantu melindungi hati dari cedera dan kerusakan.

Dalam sebuah penelitian, tikus disuntik dengan bahan kimia beracun dan habbatussauda. Hasilnya, habbatussauda bisa mengurangi efek racun dan melindungi dari kerusakan hati dan ginjal.

7. Meringankan peradangan

Dalam kebanyakan kasus, peradangan adalah respon imun normal yang membantu melindungi tubuh dari cedera dan infeksi.

Di sisi lain, peradangan kronis diyakini berkontribusi terhadap berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dalam tubuh.

8. Membunuh bakteri jahat

Bakteri bertanggung jawab atas beberapa infeksi berbahaya, mulai dari infeksi telinga hingga pneumonia. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa manfaat habbatussauda memiliki sifat antibakteri dan efektif melawan jenis bakteri tertentu.

Satu penelitian menggunakan biji habbatussauda pada bayi dengan infeksi kulit stafilokokus. Ditemukan penggunaannya sama efektifnya dengan antibiotik standar yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga