5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur yang Sayang Kamu Lewatkan

Fitrah Nugraha, telisik indonesia
Minggu, 11 Desember 2022
0 dilihat
5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur yang Sayang Kamu Lewatkan
Susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia. Foto: Repro shutterstok

" Salah satu minuman yang baik untuk kesehatan adalah susu. Untuk mengkonsumsi susu ini bisa saat waktu tertentu, di antaranya saat menjelang tidur "

KENDARI, TELISIK.ID - Salah satu minuman yang baik untuk kesehatan adalah susu. Untuk mengkonsumsi susu ini bisa saat waktu tertentu, di antaranya saat menjelang tidur.

Dikutip dari alodokter.com, susu menjadi salah satu minuman untuk membantu memenuhi gizi harian.

Pada umumnya, susu merupakan salah satu minuman yang umum dikonsumsi oleh setiap orang di segala usia. Susu mengandung beragam nutrisi penting yang mampu menjaga organ tubuh tetap berfungsi dengan baik dan melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat yang efektif, Telisikers bisa mengkonsumsi susu ini pada waktu tertentu, salah satunya saat menjelang istirahat atau tidur.

Baca Juga: Terapi Pasien Stroke Kini Bisa Pakai Teknologi VR

Melansir klikdokter.com, berikut beberapa manfaat minum susu sebelum tidur yang perlu Telisikers ketahui:

1. Memberikan Tambahan Energi

Selama tidur, tubuh tetap membutuhkan energi agar organ tetap bisa bekerja secara optimal.

Dilansir dari Sleep Foundation, rata-rata manusia membakar 50 kalori setiap jamnya saat tidur. Kalori tersebut dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi penting, seperti pernapasan, peredaran darah, pengaturan suhu tubuh, serta perbaikan dan regenerasi sel.

Oleh sebab itu, minum susu sebelum tidur bisa memberikan energi tambahan sehingga saat bangun tidur, kamu tidak merasa lelah dan siap beraktivitas kembali.

2. Menurunkan Berat Badan

Susu berpotensi memberikan berat badan ideal karena mengandung nutrisi penting, seperti kalsium, protein, dan lemak baik. Ketiga nutrisi tersebut dapat membuat kamu kenyang setelah meminumnya.

Dengan demikian, susu dapat membantu kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Nutrients, meningkatkan konsumsi susu yang diikuti membatasi asupan kalori bermanfaat dalam menurunkan berat badan serta massa lemak tubuh.

Namun, efek tersebut dapat dirasakan jika konsumsi susu diikuti dengan diet yang sesuai.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat minum susu sebelum tidur yang pertama adalah memberikan efek kantuk pada tubuh dan membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino dalam susu yang bernama tryptophan.

Asam amino ini tidak diproduksi oleh tubuh, melainkan berasal dari sumber nutrisi yang kamu konsumsi, salah satunya susu.

Secara umum, tubuh memerlukan tryptophan untuk membuat melatonin dan serotonin. Melatonin berfungsi untuk mengatur waktu tidur dan bangun, sedangkan serotonin diperlukan untuk mengatur rasa lapar, sakit, kantuk dan suasana hati (mood).

Berdasarkan sebuah studi pada jurnal Clinical Nutrition ESPEN, mengonsumsi susu dengan madu sebanyak dua kali sehari selama tiga hari ditemukan bermanfaat meningkatkan kualitas tidur pasien jantung.

Berdasarkan studi lainnya yang dimuat dalam jurnal BioMed Central Geriatrics, aktivitas fisik dan konsumsi susu dapat membuat tidur lebih cepat pada lansia yang mengidap kesulitan tidur.

Jika susu diminum di malam hari, tentu manfaatnya ini akan mendukung kualitas tidur jadi lebih baik lagi.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat minum susu sebelum tidur selanjutnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan studi berjudul Association Between Dairy Consumption and Cardiovascular Disease Events, Bone Fracture and All-Cause Mortality, mengonsumsi susu rendah lemak secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Cardio Smart, seseorang yang mengonsumsi susu setidaknya dua kali sehari akan memiliki risiko terkena penyakit jantung, stroke, dan kematian yang lebih rendah dibandingkan seseorang yang tidak mengonsumsi susu.

5. Meningkatkan Pertumbuhan Otot

Minum susu sebelum tidur juga bermanfaat dalam meningkatkan perkembangan otot. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein di dalam susu.

Baca Juga: Waspada Gejala Penyakit Batu Empedu Termasuk Komplikasinya

Setelah beraktivitas fisik, tubuh memerlukan nutrisi untuk membantu memulihkan otot-otot yang digunakan. Oleh sebab itu, sebagian besar atlet mengonsumsi susu setelah melakukan latihan fisik.

Berdasarkan sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Physical Activity and Nutrition, mengonsumsi susu setelah berolahraga di sore hari dan 30 menit sebelum tidur bermanfaat untuk membangun kembali jaringan otot tubuh.

Selain itu, minum susu akan membantu kamu mencegah nyeri otot dan mengembalikan cairan yang hilang saat melakukan aktivitas fisik.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Telisikers dapatkan ketika rutin minum susu sebelum tidur. Semoga bermanfaat. (C)

Penulis: Fitrah Nugraha

Editor: Kardin 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga