Intip Pasangan Potensial Lukman Abunawas Jika Ingin Menang Calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 01 Juni 2023
0 dilihat
Intip Pasangan Potensial Lukman Abunawas Jika Ingin Menang Calon Gubernur Sulawesi Tenggara 2024
Lukman Abunawas belum menentukan siapa yang bakal mendampinginya ikut bertarung di Pilkada 2024 mendatang. Foto: Nur Khumairah/Telisik

" Lukman Abunawas bakal ikut bersaing menjadi calon orang nomor satu di Sulawesi Tenggara. Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara itu telah mempasang baliho jika dirinya akan maju pada Pilkada 2024 nanti "

KENDARI, TELISIK.ID - Lukman Abunawas bakal ikut bersaing menjadi calon orang nomor satu di Sulawesi Tenggara. Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara itu telah mempasang baliho jika dirinya akan maju pada Pilkada 2024 nanti.

Saat ditemui usai ikut meresmikan Gedung Aula Centre di Yayasan Asy-Syafiiyah Kecamatan Baruga, Kota Kendari pada beberapa waktu lalu, mengenai pencalonannya ia mengatakan belum menentukan.

"Kita sekarang lagi fokus di Pileg 2024, kalau pasangan (calon wakil gubernur) tentu akan pilih yang terbaik," jawabnya singkat sembari berlalu.

Sementara itu, pengamat politik sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Halu Oleo (UHO), M Najib Husain menilai, jika pasangan potensial yang harus dimiliki oleh Lukman Abunawas adalah orang yang memiliki basis suara di kepulauan.

Baca Juga: Lukman Abunawas Jadi Donatur Yayasan Asy-Syafiiyah

"Pemilihan gubernur di Sulawesi Tenggara selalu didesain dengan keterwakilan geografis wilayah, artinya satu pasangan calon gubernur 01-nya ada di wilayah daratan tentu saja 02-nya ada di wilayah kepulauan," ungkapnya melalui sambungan Telepon, Kamis (1/6/2023).

Najib menilai, Lukman Abunawas yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara memiliki peluang suara yang tak sedikit, namun jika menentukan pasangan yang akan bertarung di pilkada nanti, cukup menentukan langkahnya ke depan.  

Beberapa nama yang berpotensi miliki suara yang cukup banyak di wilayah kepulauan yaitu Bupati Muna, LM Rusman Emba, Bupati Buton Utara, M Ridwan Zakariah, dan Wali Kota Baubau, Ahmad Monianse yang diprediksi bisa mendampingi Lukman Abunawas menjadi calon gubernur pada Pilkada 2024 mendatang.

"Kondisi suara kita di Sulawesi Tenggara terbagi, satu di kepulauan dan satu di daratan. Dan jarang ada pasangan calon gubernur yang sama-sama berasal dari daratan, pasti satunya berasal dari kepulauan," tambahnya.

Baca Juga: Beredar Hasil Survei Lukman Abunawas Tertinggi Dibantah The Haluoleo Institute

Selain itu, ia menyebut pesaing calon Gubernur Sulawesi Tenggara juga memiliki nama-nama yang sangat berpotensi dan memiliki pengaruh suara yang cukup banyak seperti Tina Nur Alam.

"Bu Tina sendiri juga termasuk calon gubernur potensial. Menurut saya, meskipun Bu Tina paling terakhir menyatakan diri maju calon gubernur, namun loyalitas Nur Alam masih kuat di Sulawesi Tenggara," tuturnya.

Selain Tina Nur Alam, nama lainnya adalah Ridwan Bae yang perlu diperhitungkan oleh Lukman Abunawas, mengingat ia pernah menjabat sebagai mantan Bupati Muna dua periode. Andi Sumangerukka atau akrab yang disapa ASR juga telah memiliki pendukung yang tidak sedikit. (B)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga