Beredar Hasil Survei Lukman Abunawas Tertinggi Dibantah The Haluoleo Institute

Kardin, telisik indonesia
Kamis, 26 Januari 2023
0 dilihat
Beredar Hasil Survei Lukman Abunawas Tertinggi Dibantah The Haluoleo Institute
THI membantah telah mengeluarkan hasil survei per Desember 2022 untuk calon Gubernur Sulawesi Tenggara untuk Pemilu 2024. Foto: Kardin/Telisik

" Beredar hasil survei yang menunjukan calon Gubernur Sulawesi Tenggara untuk Pemilu 2024 mendatang, dijawarai oleh Lukman Abunawas dengan posisi 19,2 persen. Selebaran pitongan data survei tersebut nampak dikeluarkan oleh The Haluoleo Institute (THI) pada periode Desember 2022 "

KENDARI, TELISIK.ID - Beredar hasil survei yang menunjukan calon Gubernur Sulawesi Tenggara untuk Pemilu 2024 mendatang, dijawarai oleh Lukman Abunawas dengan posisi 19,2 persen. Selebaran potongan data survei tersebut nampak dikeluarkan oleh The Haluoleo Institute (THI) pada periode Desember 2022.

Menanggapi hasil survei yang beredar itu, Lukman Abunawas mengaku, jika hasil survei yang dikeluarkan itu merupakan sesuatu yang kredibel dan sudah teruji, terlebih THI merupakan lembaga survei yang terpercaya.

Lukman mengaku, survei tersebut sudah untuk ke tiga kalinya yang dilakukan per Desember 2022 dengan sampel sebanyak seribu lebih yang tersebar di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara.

Baca Juga: PDIP Siapkan Satu Pintu di DPRD untuk Muluskan Lukman Abunawas ke Pilgub 2024

"Apa lagi itu lembaga survei lokal yang lebih bagus, margin erornya lebih sedikit," papar Lukman baru-baru ini.

Namun, Direktur THI, Naslim Sarlito membantah hasil survei yang beredar luas di jejaring medsos tersebut dengan nama The Haluoleo Institute. Kata dia, pihaknya tidak pernah mengeluarkan hasil survei per Desember 2022.

"Sampai saat ini kami belum mengeluarkan hasil survei untuk tokoh-tokoh potensial pemilihan gubernur 2024," kata Naslim Sarlito, Kamis (26/1/2023).

Naslim Sarlito mengatakan, jika THI mengeluarkan hasil survei, pasti melalui konferensi pers dengan mengundang media. Makanya ia merasa heran adanya potongan gambar yang beredar di grup-grup WhatsApp tersebut.

"Kalau ada kabar yang beredar, itu di luar tanggung jawab kami. Apa kah itu selebaran atau penggunaan nama THI," ujarnya.

Naslim menduga, keluarnya hasil survei yang mencatut nama THI itu untuk mengimbangi hasil survei lembaga lain yang lebih dulu dikeluarkan.

"Kalau nda salah awalnya itu ada suatu rilis lembaga survei, terus belakangan muncul atas nama The Haluoleo Institute. Entah sebentar nama apa lagi yang muncul," bebernya.

Baca Juga: Lawakan Andi Bahrun: Unsultra, Unhas dan Lukman Abunawas Sama-sama Merah

Diketahui informasi yang beredar dalam potongan gambar yang mencatut nama lembaga survei THI menempatkan nama Lukman Abunawas di posisi tertinggi dengan presentase 19,2 persen. Disusul Kerry Saiful Konggoasa dengan presentase 14,0 persen.

Kemudian Andi Sumangerukka 7,7 persen, Ridwan Bae, 7,3 persen, Laode Ida 6,7 persen, Hugua 5,8 persen, Rusda dan Mahmud 4,7 persen.

Selanjutnya Tina Nur Alam 4,2 persen, Sjafei Kahar 3,4 persen, Rusman Emba 2,5 persen, Ruksamin 1,8 persen, Abdurrahman Shaleh 1,0 persen, dan Laode Barhim 0,3 persen. (B)

Penulis: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga