Intip Perbedaan Humidifier, Diffuser dan Purifier

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Sabtu, 12 Agustus 2023
0 dilihat
Intip Perbedaan Humidifier, Diffuser dan Purifier
Air Purifier guna membersihkan udara dengan menghilangkan kontaminan udara sedangkan Humidifier meningkatkan tingkat kelembapan di dalam ruangan. Foto: Radarpena.fin.co.id

" Tak sedikit orang menganggap humidifier, diffuser dan purifier adalah tiga benda yang sama. Padahal, ketiganya ternyata berbeda "

KENDARI, TELISIK.ID - Humidifier adalah alat yang bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara. Tak heran jika alat ini juga populer dengan sebutan alat pelembap udara.

Pemakaiannya tidak hanya membuat udara menjadi lebih lembap, tetapi juga bisa membantu mengurangi iritasi yang terjadi karena udara yang kering.

Faktanya, tak sedikit orang menganggap humidifier, diffuser dan purifier adalah tiga benda yang sama. Padahal, ketiganya ternyata berbeda. Jika kamu berencana untuk membeli salah satunya, sebaiknya ketahui fungsinya masing-masing terlebih dahulu supaya tidak salah pilih.

Perbedaan Humidifier, Purifier dan Diffuser dikutip dari Halodoc.com:

Baca Juga: Ingin Diet Maksimal, Kenali Diet Karnivora

1. Kegunaan

Perbedaan pertama ada pada fungsinya. Air purifier, misalnya, memiliki fungsi utama untuk membersihkan udara ruangan dari bakteri, virus, debu, dan polusi.

Sementara itu, humidifier berfungsi untuk menambah sekaligus menjaga kelembapan udara, sedangkan diffuser memiliki fungsi untuk membersihkan udara. Biasanya, pemakaian alat ini perlu kamu campurkan dengan essential oil untuk memberikan sensasi harum dalam ruangan.

2. Cara kerja

Perbedaan lainnya adalah cara kerja dari ketiganya. Guna menambah kelembapan udara, humidifier bekerja dengan mengubah air menjadi uap, lalu menyemprotkan ke seluruh ruangan.

Sementara itu purifier bekerja dengan menyedot udara dalam ruangan. Selanjutnya, alat tersebut menyaring dan menyemprotkan kembali udara dalam keadaan yang lebih bersih.

Alat pembersih udara sebenarnya memiliki cara kerja yang hampir mirip dengan humidifier. Bedanya, alat ini bisa kamu campurkan dengan essential oil sehingga menghasilkan uap yang bisa mengharumkan seluruh ruangan.

3. Kebutuhan air

Dari ketiga alat tersebut, hanya humidifier dan alat pembersih udara yang membutuhkan air. Humidifier membutuhkan air dalam jumlah yang paling banyak, yaitu sekitar 3 liter. Sebab, alat ini memang memiliki tugas utama untuk menyemprotkan uap air ke udara.

Berbeda dengan alat pembersih udara yang membutuhkan 300 sampai 500 mililiter air saja dalam sekali pakai. Sebab, fungsinya hanya melembapkan dan menambah keharuman dalam ruangan.

Baca Juga: Kenali Ciri Mr. P Tak Sehat, Bisa Jadi Tanda IMS

4. Kesehatan

Dikutip dari Kompas.com, menggunakan purifier dan humidifier di dalam ruangan akan mendukung kesehatan tubuh. Keduanya dapat digunakan jika Anda memiliki salah satu atau beberapa masalah pernapasan, seperti asma, alergi, demam, atau flu, dan masalah kulit, seperti eksim.

Gunakan air purifier jika Anda memiliki masalah kesehatan, seperti:

- Memiliki asma, demam, flu, dan sinusitis Masalah kulit, seperti eksim

- Memiliki alergi, khususnya yang disebabkan oleh serbuk sari, debu, dan bulu hewan peliharaan.

5. Durasi

Penggunaan ketiga alat ini memiliki durasi yang berbeda. Untuk humidifier dan alat pembersih udara, durasi penggunaannya bergantung pada temperatur dan ketersediaan cairan dalam alat.

Sederhananya, semakin tinggi temperatur ruangan, maka cairan dalam alat akan lebih cepat habis, begitu pula sebaliknya. Sementara itu, air purifier memiliki durasi pakai yang paling lama, yaitu 30 sampai 120 menit. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Adinda Septia Putri

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga