Ini Bahaya Potong Daging Pakai Talenan Kayu

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Rabu, 28 Juni 2023
0 dilihat
Ini Bahaya Potong Daging Pakai Talenan Kayu
Daging mentah dapat mengandung bakteri yang berpotensi berbahaya. Kayu berpori yang terdapat di talenan kayu dapat menjebak bakteri, bahkan saat Anda mencoba mencucinya. Foto: Timesindomesia.co.id

" Banyak dari kita mungkin belum mengetahui dampak negatif ataupun bahaya jika memotong daging menggunakan talenan "

KENDARI, TELISIK.ID - Banyak dari kita mungkin belum mengetahui dampak negatif ataupun bahaya jika memotong daging menggunakan talenan.

Daging mentah dapat mengandung bakteri yang berpotensi berbahaya. Salah satu yang perlu diingat adalah selalu memotong daging di talenan plastik.

Mengutip Kompas.com, kayu berpori dapat menjebak bakteri, bahkan saat Anda mencoba mencucinya. Lubang kecil talenan kayu berarti bakteri dapat tersangkut di sana. Bahkan saat Anda mencoba mencuci talenan kayu dengan sabun dan air, ada kemungkinan masih ada bakteri yang tersisa.

Baca Juga: 4 Ramuan Alami Pereda Batuk

Setelah Anda mencucinya dan menyiapkan makanan lain menggunakan talenan yang sama, Anda meningkatkan risiko penyakit bawaan makanan. Solusinya adalah menggunakan talenan plastik yang tidak keropos saat memotong daging karena bakteri akan lebih mudah dihilangkan dengan sabun dan air.

Tips memilih talenan

Dilansir dari Vivacoid, selain memiliki permukaan yang terpisah, ibu juga perlu memperhatikan jenis  talenan.  Memang benar bahwa talenan kayu terlihat bagus, tetapi menggunakannya untuk daging atau ayam adalah hal yang tidak boleh menurut USDA.  

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha Tak Perlu Risau Kolesterol, Cukup Makan Ini

Sebab, bakteri dapat tumbuh subur di dalam pori-pori kayu yang dapat menyebabkan keracunan makanan. USDA merekomendasikan penggunaan talenan non-berpori untuk daging.

Talenan akrilik atau kaca juga merupakan tambahan yang bagus untuk dapur Anda. Jika Anda tidak tahan berpisah dengan talenan kayu Anda, simpanlah talenan itu untuk memotong buah-buahan, sayuran, keju, dan roti. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga