Jalan By Pass Waruruma jadi Peluang UMKM Baru di Kota Baubau

Sofi Insan Wardani, telisik indonesia
Kamis, 22 Juni 2023
0 dilihat
Jalan By Pass Waruruma jadi Peluang UMKM Baru di Kota Baubau
Jalan By Pass Waruruma jadi peluang pertumbuhan UMKM bagi masyarakat Waruruma, Kota Baubau. Foto: Sofi Insan Wardani/Telisik

" Dalam perkembangan yang signifikan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pembangunan Jalan Elak atau By Pass Waruruma, Kota Baubau telah secara langsung mendorong pertumbuhan dan bisnis kecil di kota itu "

BAUBAU, TELISIK.ID - Dalam perkembangan yang signifikan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pembangunan Jalan Elak atau By Pass Waruruma, Kota Baubau telah secara langsung mendorong pertumbuhan dan bisnis kecil di kota itu.

Adanya infrastruktur Jalan Elak tersebut telah mendapatkan perhatian luas dan merevolusi cara UMKM beroperasi, serta mendorong kemajuan ekonomi khususnya masyarakat yang tinggal di sekitaran By Pass.

Jalan By Pass tersebut terletak di wilayah startegis, tepatnya di Kelurahan Waruruma, Kecamatan Kokalukuna, kota Baubau.

Salah satu pelaku UMKM yang juga bermukim di area sekitar By Pass, Ani mengaku antusias dengan dibangunnya infrastruktur jalan tersebut.

Baca Juga: Lapa-Lapa Ubi Makanan Khas Masyarakat Buton Selatan

"Karena posisinya juga dekat dengan laut, jadi banyak yang datang berkunjung kalau sore, jadi dari situ kami (pelaku UMKM)   inisiatif untuk tawarkan produk kami seperti minuman, makanan, cemilan dan lain-lain," beber Ani, salah seorang pelaku UMKM lokal, Kamis (22/6/2023).

Selain memudahkan dalam akses masyarakat setempat, keberadaan Jalan By Pass tersebut menjadi salah satu ikon baru, terlebih lagi di kalangan milenial, karena nuansa yang ditawarkan bagi pengunjung cukup menarik perhatian.

"Kalau weekend suka ke sini, atau kalau ada waktu luang, karena pemandangan alamnya juga bagus, bisa juga untuk foto-foto kekinian," ucap salah seorang pengendara motor, Adrian.

Baca Juga: Tradisi Kande-Kandea Warnai Festival Pilumeano We'e Masyarakat Bola Buton Selatan

Sampai saat ini, eksistensi By Pass Waruruma terbukti berhasil menjadi pemicu pertumbuhan bisnis bagi masyarakat, tidak hanya pertumbuhan bisnis makanan dan minuman yang semakin berkembang, beberapa bisnis lain sudah mulai dikembangkan sepanjang Jalan Elak tersebut, salah satunya adalah penyewaan scooter listrik dan sepeda mini.

“Pertama kali naik skuter listrik, seru juga ternyata, apalagi dengan view laut pas matahari terbenam, cocok memang main ramai-ramai dengan teman,” ujar Alam, salah satu pengunjung yang juga bermukim di sekitar By Pass. (A)

Penulis: Sofi Insan Wardani

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga