Jelang HUT Kolaka Timur, Warga Keluhkan Jembatan Penghubung Rusak

Sigit Purnomo, telisik indonesia
Jumat, 06 Januari 2023
0 dilihat
Jelang HUT Kolaka Timur, Warga Keluhkan Jembatan Penghubung Rusak
Kondisi jembatan penghubung di Kecamatan Lambandia yang rusak. Foto: Ist.

" Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kolaka Timur ke 10 pada 11 Januari 2023, ternyata ada yang mengganjal dibenak masyarakat terkait rusaknya jembatan "

KOLAKA TIMUR, TELISIK.ID - Jelang Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kolaka Timur ke 10 pada 11 Januari 2023, ternyata ada yang mengganjal dibenak masyarakat terkait rusaknya jembatan.

Jembatan yang rusak ini dapat mengancam warga yang melintas. Apalagi mobilisasi tinggi warga yang akan memeriahkan HUT Kolaka Timur tentu akan menjadi ancaman bagi warga saat melintasi jembatan tersebut.

Peringatan HUT Kolaka Timur ke-10 yang ditempatkan di Kecamatan Lambandia juga membawa kebahagian bagi masyarakat sekitar.

Asmadin, salah satu tokoh masyarakat mengungkapkan, dengan ditempatkan HUT Kolaka Timur di Lambandia menjadi momen yang membahagiakan masyarakat setempat.

"Karena HUT Kolaka Timur kali ini untuk pertama kalinya dirayakan di Lambandia," ungkapnya.

Baca Juga: Mobil Dinas Kapolres Baubau Tabrak Kios

Disisi lain, dia menambahkan, ada ancaman serius bagi masyarakat yang melintas di jembatan Desa Wonuambuteo yang sudah rusak parah.

"Ancaman tersebut karena kondisi jembatan yang rapuh dan penuh jebakan lubang akibat kayu jembatan sudah tidak layak dipakai," bebernya.

Lebih lanjut, Asmadin mengungkapkan, meski jembatan ini sering viral di media sosial karena telah menelan korban dan pernah ada yang terjun bebas ke sungai, namun pemerintah provinsi belum ada tindakan nyata untuk memperbaiki.

"Justru selama ini hanya inisiatif masyarakat untuk mengganti sebagian papan roda dengan kayu asalan yang hanya mampu bertahan sebulan," tutupnya.

Namun demikian, masyarakat di Lambandia berharap ada inisiatif dari Pemda Kolaka Timur untuk memperbaiki jembatan tersebut sekalipun ini rana provinsi.

Di tempat yang berbeda, salah satu warga sekitar, Sunding menuturkan, jembatan ini hampir setiap hari dilewati oleh para pejabat Pemda Kolaka Timur namun sama sekali belum ada perhatian untuk membenahi jembatan ini.

Baca Juga: Kecewa Tidak Diperbaiki, Warga Kolaka Timur Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

"Hampir tiap hari mobil plat merah saja yang lewat, tapi tidak tau juga mereka itu kenapa tidak perbaiki sampai sekarang," tambahnya.

Ia juga menuturkan, dalam peringatan HUT Kolaka Timur akan banyak masyarakat Kolaka Timur yang akan melintas melewati jembatan yang berbahaya itu.

"Sebaiknya sebelum perayaan HUT, jembatannya diperbaiki terlebih dahulu," tutupnya. (B)

Penulis: Sigit Purnomo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga