Jelang Nataru Dipastikan Tak Ada Kelangkaan Stok Beras

Putri Wulandari, telisik indonesia
Kamis, 21 Desember 2023
0 dilihat
Jelang Nataru Dipastikan Tak Ada Kelangkaan Stok Beras
Pemda Muna Barat akan subsidi harga beras dan pastikan kelangkaan stok pangan tidak ada jelang Nataru. Foto: Putri Wulandari/Telisik

" Salah satu langkah atau upaya pemerintah daerah dalam meringankan beban pengeluaran masyarakat, dilakukan subsidi harga beras medium "

MUNA BARAT, TELISIK.ID - Jelang Natal dan tahun baru 2024, stok sembako di Kabupaten Muna Barat diperkirakan aman dan harga beras akan disubsidi.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, mengaku telah melakukan sidak di beberapa pasar yang ada di Muna Barat, ditemukan harga beras yang masih melonjak tinggi, dimana harga beras mencapai Rp 680 ribu per 50 kilogram sedangkan untuk per kilogramnya mencapai Rp 13.200, Rp 13.400, bahkan hingga Rp 13.700.

"Harga beras itu mengalami kenaikkan dan berada di atas harga yang ditetapkan badan pangan nasional (bapanas)," ungkapnya, Kamis (21/12/2023).

Untuk itu, salah satu langkah atau upaya pemerintah daerah dalam meringankan beban pengeluaran masyarakat, dilakukan subsidi harga beras medium sebesar Rp 2.500, Rp 2.300, dan Rp 2.800 sehingga harga yang dijual di pasar sesuai dengan harga tertinggi yang telah ditetapkan yaitu Rp 10.900.

Baca Juga: Jelang Nataru, Harga Cabai Tembus Rp 130 Ribu per Kilogram

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muna Barat, La Ode Aka mengatakan bahwa ia telah diberikan instruksi untuk memerintahkan kepada distributor yang ada di tiga wilayah besar untuk menyiapkan beras hingga pekan depan.

Kemudian, beras yang disediakan oleh distributor itu akan disubsidi sesuai arahan pimpinan, sehingga pengecer maupun distributor menjual beras ke masyarakat dengan harga tertinggi yang telah ditetapkan pemerintah, serta untuk penyediaan beras dan komoditi lainnya ia mengaku akan meminta ke Bulog Raha.

Baca Juga: Harga Cabai di Kota Baubau Melonjak Drastis Tembus Rp 450 Ribu per Kg Jelang Nataru

"Kita juga kan ada kerja sama dengan pihak Bulog sehingga untuk kelangkaan stok dipastikan tidak ada, karena Bulog selalu siap penuhi permintaan Pemda Muna Barat terhadap beberapa komoditas," pungkasnya.

Selanjutnya, ia mengatakan akan kembali melaksanakan operasi pasar serta pasar murah, namun hal tersebut akan dikoordinasi terlebih dahulu untuk menentukan paket sembako yang akan disediakan. Namun untuk saat ini komoditas yang pasti akan disediakan oleh pihak Bulog berupa beras medium, gula pasir, dan minyak goreng. (B)

Penulis: Putri Wulandari

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Artikel Terkait
Baca Juga