Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumatera Utara Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini

Reza Fahlefy, telisik indonesia
Kamis, 20 April 2023
0 dilihat
Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumatera Utara Gelar Salat Idul Fitri Hari Ini
Jemaah Tarekat Naqsyabandiyah menggelar Salat Idul Fitri 1444 Hijiriah lebih awal dari ketetapan pemerintah. Foto: Reza Fahlefy/Telisik

" Ratusan umat muslim dari Tarekat Naqsyabandiyah sudah melaksanakan hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah dan sudah menggelar Salat Id, Kamis (20/4/2023) "

MEDAN, TELISIK.ID - Ratusan umat muslim dari Tarekat Naqsyabandiyah sudah melaksanakan hari raya Idul Fitri 1444 Hijiriah dan sudah menggelar Salat Id, Kamis (20/4/2023).

Mereka sudah mengumandangkan takbir di rumah suluk Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah, Desa Marindal I, Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Jemaah ini melaksanakan Salat Id sebanyak dua rakaat, dengan tujuh kali takbir dengan khusyuk. Imam salat adalah Syekh Muda Markum. Ratusan jemaah ini melaksanakan salat hingga ke teras rumah ibadah.

Baca Juga: Ini Lokasi Salat Idul Fitri Muhammadiyah Se-Sulawesi Tenggara 21 April 2023 Besok

Syekh Muda Markum ketika diwawancarai awak media usai Salat Id mengaku sudah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah lebih awal dari ketetapan pemerintah.

"Ini merupakan keputusan dewan Mursyidin Tarekat Naqsyabandiyah, Bandar Tinggi, Simalungun, Sumatera Utara. Jadi, kami melakukan salat dan takbir hari ini," ucapnya.

Diakuinya, penetapan itu berdasarkan metode perhitungan hisab qomariah Naqsyabandiyah yang sudah dilakukan sesuai dengan ketentuannya.

"Oleh karenanya kita selaku jemaah Tarekat Naqsyabandiyah dimanapun berada melaksanakan Salat Id hari ini. Untuk saat ini, jumlah mencapai 300 jemaah," tambahnya.

Markum mengaku, perbedaan penetapan awal ramadan dan lebaran dari pemerintah dan lainnya merupakan hal biasa. Namun, perbedaan dapat menjadi rahmat dan dijadikan pemersatu silaturahmi.

Baca Juga: Sejumlah Masjid di Kolaka Utara Siap Gelar Salat Idul Fitri Besok

"Apapun perbedaan kita menjadi pemersatu, silaturahmi bagi kita semua. Kami di daerah Sumatera Utara ini mencapai ribuan jemaah yang melaksanakan salat secara bersamaan atau serentak," terangnya.

Salah satu jemaah, Nur Zikri ketika ditemui awak media mengaku, hari ini merupakan momentum untuk saling bermaaf-maafan sesama jemaah.

"Hari ini, kami isi kegiatan dengan bertakbir, bersalaman dan bersilaturahmi sesama jemaah. Kami pastinya akan mengikuti kepercayaan yang telah ditetapkan dan ditentukan," ungkapnya. (B)

Penulis: Reza Fahlefy

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga