Jembatan Hubungkan Pulau Muna-Daratan Sulawesi Masuk Tahap Perencanaan

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 02 November 2020
0 dilihat
Jembatan Hubungkan Pulau Muna-Daratan Sulawesi Masuk Tahap Perencanaan
Wakil Ketua Komisi V DPR-RI meninjau Pelabuhan Nusantara Raha. Foto: Sunaryo/Telisik

" Sementara dilakukan Survei Investigasi Desain (SID). "

MUNA, TELISIK.ID - Pembangunan jembatan penghubung Pulau Muna-Daratan Sulawesi, tepatnya di Tampo-Konawe Selatan (Konsel) segera terwujud. Kini, mega proyek dengan total anggaran sebesar Rp 10 triliun itu telah memasuki tahap perencanaan.

"Sementara dilakukan Survei Investigasi Desain (SID)," kata Ridwan Bae, Wakil Ketua Komisi V DPR-RI, Senin (2/11/2020).

Pembangunan jembatan akan dimulai dari Tampo menuju Bontu-Bunto sepanjang 2,5 km dengan kedalaman 60 meter. Lalu, dari Lakarama menyusuri bibir pantai menuju Toli-Toli sepanjang 1,5 km dengan kedalaman 29 meter.  

"Total panjang jembatan kurang lebih 4 km dengan estimasi anggaran Rp 10 triliun," sebutnya.

Baca juga: Tahun Depan Jatah BSPS Muna 2.000 Unit

Mantan Bupati Muna dua periode itu menerangkan, dirinya memperjuangkan pembangunan jembatan itu dalam rangka meningkatan pertumbuhan ekonomi. Kenapa? Karena banyak manfaat yang akan didapat. Wilayah kepulauan yang terdiri dari 8 kabupaten akan terhubung dengan 73 daerah yang ada di kawasan Sulawesi.

"Muna akan menjadi sentralnya dan tumbuh perekonomian baru. Kita tidak susah-susah lagi bila ingin keliling Sulawesi, cukup naik kendaraan saja," ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap Pemkab Muna juga dapat berperan dalam menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Ia juga tidak akan henti-hentinya akan menyakinkan pemerintah pusat.

"Saya akan terus yakinkan di pusat. Karena pembangunan di daerah ini, bila tidak diawali oleh pemerintah, maka pihak swasta tidak akan masuk. Makanya, menjadi tugas saya untuk meyakinkan pemerintah pusat," tukasnya. (B)

Reporter: Sunaryo

Editor: Haerani Hambali

TAG:
Baca Juga