Joe Biden Resmi Mundur dari Capres Amerika, Donald Trump: Dia Sudah Bungkuk Tak Pantas Nyapres

Ahmad Jaelani, telisik indonesia
Senin, 22 Juli 2024
0 dilihat
Joe Biden Resmi Mundur dari Capres Amerika, Donald Trump: Dia Sudah Bungkuk Tak Pantas Nyapres
Presiden Amerika, Joe Biden (kiri) resmi mengundurkan diri sebagai Capres, memicu reaksi Donald Trump (kanan). Foto: Repro Reuters/AFP

" Presiden petahana Joe Biden, mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden Amerika Serikat 2024 yang bakal digelar pada 5 November mendatang "

WASINGTON DC, TELISIK.ID - Presiden petahana Joe Biden, mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilihan presiden Amerika Serikat 2024 yang bakal digelar pada 5 November mendatang.

Kabar pengunduran dirinya ini disampaikan Joe Biden lewat media sosial. Ia mengatakan ini merupakan keputusan terbaik bagi Partai Demokrat selaku partai pengusungnya dan juga bagi negara.

Menurut Biden, merupakan kehormatan terbesar dalam hidupnya untuk melayani sebagai presiden. Meskipun niat awalnya adalah untuk mencalonkan diri kembali, ia yakin keputusan untuk mundur lebih baik bagi partai dan negara, seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (22/7/2024).

Menegaskan bahwa ia akan tetap menjalankan tugasnya sebagai presiden selama sisa masa jabatannya. Joe Biden kemudian memastikan akan berbicara secara mendetail kepada publik tentang pengunduran dirinya pada minggu ini.

Ia juga memberikan apresiasi kepada Kamala Harris yang telah mendampinginya sebagai Wakil Presiden AS selama masa jabatannya. Biden menyebut Harris sebagai mitra yang luar biasa dalam semua pekerjaan ini.

Baca Juga: Deretan Presiden hingga Capres Amerika Alami Percobaan Pembunuhan Selain Donald Trump

Biden juga mengungkapkan penghargaan tulusnya kepada rakyat Amerika atas kepercayaan yang diberikan kepadanya selama ini. Ia merasa terhormat telah diberikan kesempatan untuk melayani sebagai presiden dan berjanji untuk terus bekerja demi kepentingan terbaik negara hingga akhir masa jabatannya.

Penampilan Biden dalam debat terakhir membuat Partai Demokrat khawatir bahwa sang presiden mungkin tidak cukup sehat untuk menjalani masa jabatan kedua.

Elektabilitas Trump juga terus mengungguli Biden dalam sebagian besar jajak pendapat pemilu selama ini. Insiden penembakan Trump juga disebut semakin menguntungkan sang mantan presiden dalam pemilu kali ini.

Hingga saat ini, belum diumumkan siapa calon pengganti Joe Biden dalam Pilpres AS 2024. Namun, nama Kamala Harris sering disebut-sebut sebagai calon paling kuat untuk menggantikan Biden.

Calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump, memberikan tanggapan usai presiden petahana Joe Biden memutuskan mundur dari Pilpres AS 2024.

"Joe Biden yang bungkuk tidak layak mencalonkan diri sebagai Presiden, dan tentu saja tidak layak untuk menjabat dan tidak pernah!" tulis Donald Trump, dikutip dari CNN Internasional.

Baca Juga: Telinga Ditembak saat Kampanye, Ini Sederet Kontroversi Donald Trump dari Rasis hingga Terjerat Skandal Bintang Porno

Lewat media sosial Truth Social miliknya, Trump menyebut Biden tidak cocok maju kembali sebagai calon presiden dalam kontestasi pilpres tahun ini, juga sebagai presiden yang masih menjabat. Joe Biden, Dinilai selama menjabat sebagai presiden AS, hanya memberikan berita-berita palsu.

Selain itu, Trump juga menyinggung soal kesehatan Biden yang tampak menurun dalam beberapa waktu terakhir. Trump berpendapat bahwa semua orang di sekitar Biden, termasuk dokter dan media, tahu bahwa ia tidak mampu menjadi presiden dan tidak pernah mampu.

Reaksi Donald Trump ini diberikan setelah Joe Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari Pilpres AS 2024. Trump menyatakan bahwa keputusan Biden untuk mundur adalah yang terbaik bagi Partai Demokrat dan juga bagi negara. Trump percaya bahwa dengan mundurnya Biden, peluang Partai Republik untuk memenangkan pemilu semakin besar. (C)

Penulis: Ahmad Jaelani

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga