Jokowi 3 Menit Tentukan Pilihan di TPS 10 Gambir, Anies Pantau Hasil di Markas Timnas, Prabowo Berharap Exit Poll dari Rumah

Mustaqim, telisik indonesia
Rabu, 14 Februari 2024
0 dilihat
Jokowi 3 Menit Tentukan Pilihan di TPS 10 Gambir, Anies Pantau Hasil di Markas Timnas, Prabowo Berharap Exit Poll dari Rumah
Presiden Joko Widodo dan istri, Iriana, usai menyalurkan hak pilih di TPS 10 RW 02, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024). Foto: Mustaqim/Telisik

" Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana, menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 10, RW 02, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) "

JAKARTA, TELISIK.ID - Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana, menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 10, RW 02, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024).

TPS 10 ini berada di halaman depan kantor Lembaga Administrasi Negara (LAN), tepat di seberang Istana Merdeka.

Jokowi dan Iriana tiba pukul 08:48 WIB menggunakan mobil nonkepresidenan. Mereka berada di TPS 10 sekitar 15 menit.

Saat tiba, Jokowi disambut Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 10, Hamdi Basyar. Dia kemudian dipersilakan mengisi daftar hadir.

Usai mengisi daftar hadir, Jokowi dan Iriana duduk sejenak sambil menunggu panggilan untuk menerima empat jenis surat suara. Yakni surat suara capres-cawapres, DPR RI, DPD RI, dan DPRD DKI Jakarta.

Jokowi dan Iriana sempat memeriksa surat suara yang diterimanya untuk memastikan sudah tercoblos atau belum. Setelah itu keduanya menuju bilik suara.

Sekitar 3 menit 30 detik Jokowi dan Iriana menuntaskan proses menyalurkan hak suaranya. Setelah itu Jokowi melayani pertanyaan wartawan.

Baca Juga: Usai Mencoblos, Pj Bupati Muna Barat Ingatkan Euforia Timses Tak Berlebihan

"Secara umum pelaksanaan Pemilu 2024 berlangsung aman, lancar, jurdil (jujur dan adil), dan luber (langsung, umum, bebas, rahasia; red)," ujar Jokowi.

Ditanya tentang beberapa pelanggaran yang terjadi selama tahapan Pemilu 2024, Jokowi tak bersedia menjawab secara tegas. Dia menyebut kewenangan menangani berada di Bawaslu.

"Kalau segala kecurangan (yang terjadi dalam tahapan pemilu) itu (penanganannya) berada di Bawaslu," tuturnya.

Ketika ditanya tentang musibah banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Tanah Air yang berdampak pada lokasi pelaksanaan pemungutan suara, Jokowi enggan menjelaskan penanganannya.

Ketua KPPS TPS 10 RW 02, Hamdi Basyar mengatakan, selain Jokowi dan Iriana, beberapa pejabat negara juga akan menyalurkan hak suaranya di TPS ini.

"Namun, kami belum tahu pasti siapa saja pejabat negara yang akan mencoblos di TPS ini. Kecuali Pelaksana Harian (Plh) Kepala LAN Bapak Muhammad Taufiq yang sudah pasti mencoblos di TPS 10 ini,"  jelas Basyar.

Basyar memastikan, dari empat jenis surat suara yang disediakan, seluruhnya sesuai dengan jumlah pemilih yang tercatat di daftar pemilih tetap (DPT). Yakni 128 lembar untuk capres-cawapres dan masing-masing 100 lembar untuk DPR RI, DPD RI, serta DPRD DKI Jakarta.

Selain Jokowi, tiga capres yang bertarung untuk memenangkan Pilpres 2024 juga menyalurkan hak pilihnya di TPS yang berbeda.

Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menyalurkan hak pilihnya di TPS 60 RT 04/06, Kelurahan Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan.

Baca Juga: TPS 3 Lawela Selatan Minus Surat C2 dan C3

"Setelah mencoblos kami akan ke markas di Jalan Diponegoro di Timnas (Tim Pemenangan Nasional, red). Tidak ada persiapan khusus," kata Anies sehari jelang pencoblosan, Selasa (13/2/2024).

Capres lainnya nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyalurkan hak pilihnya di TPS 033 Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengatakan Prabowo usai mencoblos segera menuju kediamannya di Kertanegara, Jakarta Selatan.

"Usai mencoblos kemudian beraktivitas agak siang kemudian ke Kertanegara sambil memantau pergerakan exit poll," ujar Dahnil.

Sementara capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, diketahui menyalurkan hak pilihnya di TPS 11 Kelurahan Lempongsari, Semarang. Ganjar menyalurkan hak pilihnya bersama istri, Siti Atikoh, dan putranya, Alam Ganjar, di TPS yang sama. (A)

Penulis: Mustaqim

Editor: Haerani Hambali

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS 

Baca Juga