Rohingya Datang Lagi, Menlu Minta UNHCR Desak Negara yang Ratifikasi Konvensi Pengungsi

Nur Khumairah Sholeha Hasan, telisik indonesia
Kamis, 14 Desember 2023
0 dilihat
Rohingya Datang Lagi, Menlu Minta UNHCR Desak Negara yang Ratifikasi Konvensi Pengungsi
Etnis Rohingya kembali mendarat di Aceh, hingga kini pengungsi sudah mencapai 1.478 orang. Ribuan pengungsi ini tersebar di penampungan sementara di Aceh, Medan, hingga Pekanbaru. Foto: Detik.com

" Rohingya kembali mendatangi Aceh, kali ini pengungsi yang datang sebanyak 37 orang yang ditemukan di kawasan Kuala Idi, Aceh Timur, Aceh. Berbeda sebelumnya, pengungsi yang mendarat kali ini semuanya pria "

BANDA ACEH, TELISIK.ID - Rohingya kembali mendatangi Aceh, kali ini pengungsi yang datang sebanyak 37 orang yang ditemukan di kawasan Kuala Idi, Aceh Timur, Aceh. Berbeda sebelumnya, pengungsi yang mendarat kali ini semuanya pria.

Para pengungsi itu disebut ditemukan warga pagi tadi. Saat ditemukan, mereka sudah berada di daratan. Tidak ditemukan kapal disekitar lokasi mereka mendarat.

Para pengungsi itu ditemukan di lokasi berbeda. Mereka diduga berpencar usai turun dari kapal. Diketahui, ini merupakan gelombang ke-10 Rohingya yang mendarat di Aceh sejak 14 November lalu.

Empat gelombang mendarat di Pidie, dua gelombang di Sabang, Aceh Timur dua gelombang dan Aceh Besar, Bireuen masing-masing satu gelombang.

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Pengungsi Rohingya Ramai-Ramai ke Indonesia

"Menurut informasi sementara jumlah mereka 37 orang," kata Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Faisal Rahman dikutip dari Detik.com, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Komisioner Tinggi UNHCR, Filippo Grandi membahas soal isu pengungsi Rohingya yang masuk wilayah Indonesia.

Pertemuan ini dilakukan Retno pada 11 Desember 2023 di sela-sela kegiatannya menghadiri kegiatan Peringatan Ke-75 Tahun Deklarasi Universal HAM di Markas Dewan HAM PBB, Jenewa, Swiss. Menurut Retno, Filippo Grandi juga sangat memahami tantangan yang dihadapi Indonesia sehingga akan membantu mencari solusi.

Baca Juga: UNHCR Minta Rohingya Ditampung dalam Satu Lokasi

"Dan UNHCR akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk menyelesaikan masalah ini, antara lain dengan memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para pengungsi tersebut," ujar Retno.

Retno juga meminta UNHCR untuk terus mendesak negara yang meratifikasi Konvensi Pengungsi untuk segera mulai menerima resettlement atau pemindahan penduduk terhadap pengungsi Rohingya.

"Sehingga beban tidak bergeser ke negara lain seperti Indonesia," tambahnya.

Dikutip dari Cnnindomesia.com, Menko Polhukam Mahfud MD baru-baru ini mengatakan pengungsi Rohingya di Indonesia mencapai 1.478 orang. Ribuan pengungsi dari Myanmar ini tersebar di penampungan sementara di Aceh, Medan, hingga Pekanbaru. (C)

Penulis: Nur Khumairah Sholeha Hasan

Editor: Kardin

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga