Kabel Listrik SOR Konsel Raib Digondol Maling

Ashar Hamka, telisik indonesia
Rabu, 13 April 2022
0 dilihat
Kabel Listrik SOR Konsel Raib Digondol Maling
Pelaku pencurian di Konawe Selatan makin meresahkan. tak hanya mengincar warga sipil, fasilitas negara pun kini menjadi sasaran mereka. Dinas Kepemudaan dan Olahraga Konsel sudah merasakannya. Foto: Ashar Hamka/Telisik

" Rangkaian kabel panel listrik dari gedung sarana olahraga (SOR) raib digondol maling "

KONAWE SELATAN, TELISIK.ID - Jajaran Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tengah resah. Pasalnya, rangkaian kabel panel listrik dari gedung sarana olahraga (SOR) raib digondol maling.

Tak hanya mengalami sejumlah kerugian materi, fasilitas SOR yang acapkali digunakan sejumlah warga Konsel untuk beraktivitas olahraga tersebut untuk sementara waktu tak dapat dipergunakan.

Plt Kadis Dispora Konsel, I Putu Darta menuturkan, awal mula informasi raibnya sejumlah fasilitas asset kebanggaan daerah itu, Rabu (13/4/2022) dini hari, sekitar pukul 03.45 Wita, dirinya mendapatkan informasi via media WhatsApp, jika di dalam gedung SOR, terdapat kerusakan pada bagian panel listrik. Di mana dalam informasi itu, disertai, dugaan kerusakan yang terjadi disebabkan upaya pencurian.

Sejurus kemudian, informasi awal itu ditindak lanjuti. Dengan didampingi oleh Kabid Sarana, Prasarana dan Kerjasama, Ashar H, Kabid Olahraga Asra dan sejumlah staf Dinas Kepemudaan dan Olahraga, pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kadis PM dan PTSP meninjau langsung dan menemukan kenyataan seperti yang diduga sebelumnya.

Ia Bersama jajarannya, saat masuk ke dalam gedung SOR melalui pintu utama, akses masuk pintu utama masih dalam keadaan tergembok. Tak ingin berspekulasi lebih jauh, kemudian pihaknya menelpon ke petugas PLN Andoolo, untuk memastikan apakah kerusakan yang terjadi faktor kesengajaan atau bukan.

Baca Juga: Diduga Korupsi DD, Pj Kades Warambe Dilapor ke Polres dan Kejari Muna

Berselang staf Admin Pelayanan PLN Andoolo, Nanang, datang. Oleh dia, memastikan jika kerusakan yang terjadi bisa dipastikan faktor kesengajaan, oleh manusia. Di mana kabel utama untuk mengalirkan listrik, yang berasal dari trafo PLN, sudah putus. Terpotong.

"Kuat dugaan saya, ini dilakukan oleh orang yang sudah paham betul tentang listrik. Dan keadaan sekitar gedung. Sudah professional," ujarnya.

Nanang memaparkan, jika terdapat 4 rangkaian kabel panel listrik yang dirusak dengan cara dipotong. Kenapa dirusak dan dicuri, lanjut ia, karena kabel-kabel itu berisikan rangkaian kawat tembaga. Yang memang menjadi sasaran para pelaku pencurian. Atau kata lain, laku dijual di pasaran gelap.

Baca Juga: 24 Warga Baubau Diamankan Polisi Saat Asyik Main Judi, 2 di Antaranya Wanita

“Ini murni tindakan pencurian. Sebaiknya Dispora segera melaporkan kejadiannya ke aparat kepolisian untuk ditindak lanjuti,“ saran Nanang.

Atas saran dari pihak PLN Andoolo tersebut, Dispora, pun melayangkan surat aduan ke aparat kepolisian Polsek Andoolo.

“Kita berharap agar pelaku ditangkap dan diproses hukum sesuai dengan perbuatannya. Karena ini fasilitas negara yang dirusak. Bukan hanya kami Dispora yang mengalami kerugian, tapi juga insan insan olahraga yang memakai fasilitas ini,” ujar Kabid Olahraga, Asra mewakili Plt Kadispora. (B)

Reporter: Ashar Hamka

Editor: Kardin

Baca Juga