Kader PKK Desa Dilatih Kembangkan Usaha Keluarga

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 11 November 2019
0 dilihat
Kader PKK Desa Dilatih Kembangkan Usaha Keluarga
Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman bersama Plt Kadis PMD, La Ode Darmansyah pada kegiatan Bintek UP2K. Foto : Istimewa

" Tujuan Bintek ini agar ilmu yang didapat bermanfaat dan dapat dibagikan pada sesama kader PKK, serta dapat dipraktekkan untuk mengembangkan UP2K. "

MUNA, TELISIK.ID- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Muna bekerja sama dalam meningkatkan pendapatan keluarga di desa. Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bintek) yang diikuti seluruh kader PKK desa se-Kabupaten Muna.

Ketua TP PKK Muna, Yanti Setiawati Rusman menerangkan, dalam Bintek, kader PKK desa dilatih dalam mengembangkan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga ( UP2K). Dimana, UP2K itu merupakan program nasional PKK.

"Tujuan Bintek ini agar ilmu yang didapat bermanfaat dan dapat dibagikan pada sesama kader PKK, serta dapat dipraktekkan untuk  mengembangkan UP2K," kata Yanti.

Ibu satu anak itu menyampaikan terima kasih pada Pemkab Muna yang telah mendukung program PKK. Khusus peningkatan UP2K, Pemkab sejak tahun 2018 lalu mengeluarkan Perbup untuk Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 5 juta/desa. Dana tersebut selanjutnya digunakan para kader, khususnya ibu-ibu untuk modal usaha ekonomi menengah. Suku bunga pinjaman pun kecil sesuai dengan kesepakatan kader PKK.

"Bantuan modal dijadikan semacam koperasi mini," sebutnya.

Diharapkan dengan adanya bantuan permodalan itu, dapat menjadi cikal bakal terbentuknya koperasi di desa. Karena, saat ini di Desa Labaha, Kecamatan Watoputeh, dengan modal Rp 5 juta, di tahun kedua, modalnya bertambah menjadi Rp 20 juta.

"Kita harapkan desa lain bisa manfaatkan dana itu, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar," tukasnya.

Reporter : Naryo
Editor: Ibnu

Artikel Terkait
Baca Juga