Kadis Kesehatan: Ada Ribuan Bakteri di Tangan

Siswanto Azis, telisik indonesia
Minggu, 14 Juni 2020
0 dilihat
Kadis Kesehatan: Ada Ribuan Bakteri di Tangan
Kadis Kesehatan Sulawesi Tenggara, dr. H. Muh Ridwan, M.Si. Foto: Ist.

" Bagi rekan-rekan jurnalis yang selama ini meliputan di lapangan, usahakan selalu mencuci tangan setiap habis memegang sesuatu, berdasarkan penelitian menunjukkan bahkan lebih besar potensinya tangan kita ini menyebarkan kuman tersebut. "

KENDARI, TELISIK,ID - Kadis Kesehatan Sulawesi Tenggara, dr. H. Muhammad Ridwan, mengungkapkan, cuci tangan merupakan salah satu protokol kesehatan penanganan COVID-19 terpenting yang harus diterapkan.

Dokter H. Muhammad Ridwan menjelaskan, lebih dari seribu jenis kuman, baik itu bakteri, virus, jamur, dapat dengan mudah terbawa di tangan manusia.

“Bagi rekan-rekan jurnalis yang selama ini meliputan di lapangan, usahakan selalu mencuci tangan setiap habis memegang sesuatu, berdasarkan penelitian menunjukkan bahkan lebih besar potensinya tangan kita ini menyebarkan kuman tersebut," ujarnya kepada Telisik.id, Minggu (14/6/2020).

Menurut Kadis Kesehatan Sultra ini, ada potensi penularan virus dari benda-benda yang ada di sekeliling yang telah tersentuh tangan.

Baca juga: Saat Pilkada, Jumlah Pemilih Per TPS Dikurangi

"Dan apabila langsung menyentuh mata, hidung atau bagian wajah lainnya tanpa cuci tangan terlebih dahulu, maka dapat dipastikan bakteri kuman dan virus penyebab COVID-19 ini akan masuk ke tubuh kita dengan mudah," katanya.

Sejumlah studi, lanjut dokter Ridwan, menunjukkan bahwa virus COVID-19 dapat bertahan sampai dengan 72 jam di atas permukaan plastik dan stainless steel atau besi tahan kadar.

COVID-19 dapat bertahan sekitar empat jam di atas permukaan tembaga dan kurang dari 24 jam pada kertas karton.

"Jadi, selalu ingat untuk sering-sering mencuci tangan. Karena kemungkinan besar kita bisa menyentuh permukaan-permukaan tersebut kalau kita di luar rumah," jelasnya.

Reporter : Siswanto Azis

Editor: Sumarlin

Baca Juga