Kapolres Dukung Program Jagung, Kajari Muna Ingin Lihat Pabriknya

Sunaryo, telisik indonesia
Senin, 25 Maret 2024
0 dilihat
Kapolres Dukung Program Jagung, Kajari Muna Ingin Lihat Pabriknya
Pabrik jagung milik Pemda Muna yang berada di Desa Bea, Kecamatan Kabawo. Foto : Sunaryo/Telisik

" Program pengembangan jagung yang dicanangkan Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta mendapat dukungan dari Kapolres, AKBP Mulkaifin "

MUNA, TELISIK.ID - Program pengembangan jagung yang dicanangkan Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta mendapat dukungan dari Kapolres, AKBP Mulkaifin.

Mulkaifin sangat setuju dengan pengembangan komuditas jagung. Sebab, jangung sangat bernilai harganya. Mulai dari batang, daun, tongkol hingga bijinya dapat menghasilkan cuan.

"Potensi jagung sangat mendukung di Muna, karenanya dibutuhkan totalitas untuk keberhasilannya," kata Mulkaifin, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: Sempat Bertengkar dengan Istri, Pria Tuna Netra di Muna Tewas Gantung Diri

Lain halnya dengan Kajari Muna, Robin Abdi Ketaren. Ia lebih tertarik dengan pabrik jagung di Desa Bea, Kecamatan Kabawo yang dibangun tahun 2020 lalu menggunakan dana pinjaman pemulihan ekonomi nasional (PEN) sebesar Rp 14,1 miliar.

"Kalau bisa kita diajak untuk lihat-lihat pabriknya," kata Robin.

Untuk diketahui, pembangunan pabrik jagung terindaksi terjadi korupsi. Bahkan, telah dilaporkan di Kejati Sulawesi Tenggara dan Kejari Muna. Dugaan korupsinya pada pembangunan pabrik, pembukaan lahan dan pembibitan yang menelan anggaran miliaran rupiah.

Baca Juga: Job Fit Pejabat Esalon II Muna Berpotensi Rugikan Keuangan Negara

Sementara itu, Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta menerangkan, Bumi Sowite bisa maju dan berkembang dengan menanam jagung. Ia akan menjadikan komoditas jagung sebagai lokomotif penggerak ekonomi masyarakat.

"Dengan program jagung, kita dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan," kata Bachrun.

Ia memilih pengembangan jagung, karena telah didukung oleh pabrik yang dapat memproduksi menjadi makanan, minuman dan pakan ternak. (A)

Penulis: Sunaryo

Editor: Fitrah Nugraha

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikel Terkait
Baca Juga